Kemkominfo dan KONI Bahas Kesiapan Media Center Bagi Jurnalis dalam Peliputan PON 2024

Kemkominfo dan KONI bahas kesiapan Media Center dalam peliputan PON 2024, berlangsung di Kantor Gubernur Sumut.(dok Pemprov Sumut)
Sumber :
  • VIVA.co.id/B.S. Putra (Medan)

Medan – Jelang penyelenggaraan PON 2024 Aceh-Sumut, berlangsung September 2024,  Panitia Besar (PB) PON bersama Kementerian Kominfo RI, membahas kesiapan dan fasilitas media center merupakan wadah yang menjadi pusat informasi, yang bisa digunakan jurnalis dalam peliputan PON ini.

Kouta Penerimaan Siswa PPDB Sumut 2024, SMA 96.588 Orang dan SMK 89.560 Orang

Rapat pembahasan media center PON ini, diselenggarakan di Aula Raja Inal Siregar, Kantor Gubernur Sumut, Kota Medan, Selasa 14 Mei 2024. Hadir pada pertemuan itu Direktur Informasi dan Komunikasi Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Kemkominfo Bambang Dwi Anggono.

Kemudian, Ketua Panwasrah PON XXI Aceh-Sumut Tahun 2024 Mayjen TNI Purn Suwarno, diwakili Ketua Panwasrah PON XXI Aceh-Sumut Tahun 2024 wilayah Sumut Mayjen TNI Purn Heru Suryono, Ketua Panwasrah PON XXI Aceh-Sumut Tahun 2024 wilayah Aceh Mayjen TNI Purn Andrie TU. Soetarno, diwakili Ketua Bidang Media dan Humas Panwasrah PON XXI Aceh-Sumut wilayah Aceh M Tirto Prima Putra.

Berpeluang Didukung Gerindra di Pilgub Sumut 2024, Bobby Nasution Bilang Begini

Juga hadir Ketua Harian PB PON Wilayah Sumut Afifi Lubis, Ketua KONI Sumut John Ismadi Lubis, Kepala Sub Bidang Informasi dan Media PB PON XXI wilayah Aceh Saifullah Abdulgani, Bidang Pemasaran PB PON XXI wilayah Sumut Harvina Zuhra, beserta seluruh panitia PON yang ada di kabupaten/kota se-Sumut dan Aceh.

Direktur Informasi dan Komunikasi Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Kemkominfo RI, Bambang Dwi Anggono mengatakan, fasilitas media center PON XXI yang disiapkan berupa infrastruktur yang terdiri dari working area, merupakan area kerja media yang dilengkapi dengan PC/Laptop, colokan listrik, dan koneksi internet yang baik. 

Penyebab Raibnya Foto Jokowi di Kantor PDIP Sumut Terungkap, Kini Sudah Terpasang Lagi

"Sehingga rekan-rekan media dapat bekerja dengan nyaman. Dilengkapi juga dengan big screen dan soundsystem yang mumpuni," ucap Bambang.

Kemudian, press conference area. Kominfo, katanya, menyediakan ruangan khusus melaksanakan kegiatan konferensi pers, dengan kelengkapan sistem kamera yang secara langsung dapat terhubung secara daring ke YouTube Kominfo maupun ke media lain yang membutuhkan. Siaran konferensi pers ini dilengkapi dengan juru bahasa isyarat.

"Kominfo juga menyediakan lokasi 1 on 1 studio, agar media dapat membuat liputan acara mereka sendiri secara eksklusif seperti di dalam studio mereka sendiri. Ada juga area doorstop interview, yang dapat digunakan sebagai spot untuk melakukan interview kepada narasumber dengan background Media Center PON. 

Hal itu, sebagai bentuk layanan utama Media Center, Kominfo menyediakan kebutuhan print/cetak dokumen rekan-rekan media. Fasilitas sudah termasuk operator dan kertas secara gratis," terangnya. 

Selain itu, Help Desk & Information Desk yang merupakan komitmen Kominfo untuk pelayanan sepenuh hati, disediakan fasilitas help desk dan information desk, untuk membantu rekan-rekan media jika ada kebutuhan dan pertanyaan seputar kegiatan di Media Center, yang dipandu oleh staf terpilih dan berpengalaman. 

Relaxation area juga disediakan berisi fasilitas kursi pijat elektrik yang dapat digunakan secara gratis oleh seluruh rekan media yang hadir di Media Center. Selain itu, pijat refleksi oleh terapis profesional pun selalu tersedia sebagai berntuk layanan tambahan di Media Center. 

"Salah satu kewajiban Kominfo adalah membuat kegiatan PON memiliki gaung secara nasional, sehingga tugas publikasi dalam bentuk billboard, baliho, berita nasional, bahkan wawancara di TV nasional akan menjadi agenda publikasi utama yang akan dijalankan Kominfo," ujarnya. 

Disampaikan juga, di Media Center juga terdapat hospitality yang di dalamnya terdapat fasilitas medis, disediakan dokter dan perawat serta obat-obatan, vitamin gratis untuk para media yang membutuhkan. 

Ketua Harian PB PON Wilayah Sumut Afifi Lubis menyampaikan, pertemuan bertujuan untuk mengarmonisasikan pemikiran dari semua sektor, menyatukan persfektif, cara pandang, dalam rangka mendukung Media Center yang akan menjadi wadah pusat informasi penyelenggaran PON XXI 2024. 

"Khusus di Sumut kita siap dan mendukung, dibuktikan dengan sudah ditentukannya di mana tempat lokasi Media Center Utama untuk Sumut. Saya pikir di Aceh juga sama. Setelah ini akan ada perbincangan lebih detail, tinggal bentuk action selanjutnya," ujar Afifi.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sumut, Ilyas S Sitorus mengatakan, digitalisasi sudah menjadi tuntutan saat ini. Sehingga, Dinas Kominfo akan memberikan layanan terbaik di PON 2024 nanti, terkait teknologi dan informasi. 

“Kita akan bekerja semaksimal mungkin membuat sistem dan teknologi informasi yang berkualitas untuk kontingen dan juga masyarakat, kita harap ini berjalan dengan baik nantinya,” kata Ilyas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya