Tunggu Kebijakan Bank of Japan, Pasar Saham Asia Melemah

Tokyo Stock Exchange
Sumber :
  • REUTERS/Kim Kyung-Hoon
VIVA.co.id
Bursa Asia Pasifik Tertekan Dinamika Pilpres AS
- Pasar saham Asia mengawali sesi perdagangan Kamis dengan pergerakan melemah, mengikuti turunnya indeks saham utama Amerika Serikat pada penutupan perdagangan semalam. 

Mengekor Wallstreet, Bursa Asia Dibuka Melemah

Seperti diberitakan
Saham di Bursa-bursa Asia Rabu ini Dibuka Melemah
CNBC , Kamis 30 April 2015, hal tersebut di tengah kekhawatiran baru atas ekonomi Amerika Serikat. Menurut data terbaru, pada kuartal I-2015, ekonomi AS sedikit meluas 0,2 persen, berkat penguatan dolar dan penghematan konsumen selama musim dingin.


Sementara itu, produk domestik bruto (PDB) jauh lebih rendah 1 persen dari perkiraan ekonom
Reuters
sebelumnya. Federal Reserve juga tidak memberikan perubahan pada kebijakan suku bunga menyusul lemahnya PDB.


Investor Asia juga memfokuskan pada Bank of Japan yang akan merilis kebijakan ekonominya. Pasar berharap Bank of Japan tetap mempertahankan program stimulus moneternya.


Indeks Nikkei di bursa Tokyo pagi ini tergelincir 1,6 persen. Indeks acuan pasar saham Jepang ini menyentuh level terendah dalam tujuh hari.


Saham Honda Motor turun 7,5 persen, menyusul laporan keuangan merosotnya laba bersih kuartal IV-2014. Saham Takeda Pharmaceutical melemah hampir 4 persen.


Sementara itu, indeks S&P ASX 200 di bursa Sydney turun 1 persen. Indeks patokan pasar saham Australia ini jatuh ke level terendah dalam enam pekan.


Adapun indeks Kospi di bursa Seoul bergerak melemah 0,3 persen. Indeks utama pasar saham Korea Selatan ini turun tipis di tengah perusahaan besar merilis positifnya laporan keuangan. Saham Naver Corp turun 0,4 persen. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya