Pemerintah: Ketersediaan Beras Cukup Sampai Ramadan

Sumber :
  • Antara/ Andika Wahyu
VIVA.co.id
DPR Desak Pemerintah Intervensi Harga Bahan Pokok
- Pemerintah optimistis ketersediaan beras saat ini akan mampu mencukupi kebutuhan nasional sepanjang bulan Ramadan. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno, mengungkapkan stok beras Bulog mencapai 1,2 juta ton. 

Harga Gabah Timpang, Peran Bulog Diminta Ditingkatkan

"Cadangan beras di Bulog cukup banyak. Saat ini, Bulog memiliki stok beras 1,2 juta ton. Kita harapkan, per hari ini mereka sudah bisa menyerap sampai 35 ribu ton," kata Menteri Rini, di Istana Negara, Jakarta, Jumat 15 Mei 2015.
Ini Saran Megawati Capai Swasembada Beras


Rini menjelaskan, berbeda dengan panen pada tahun-tahun sebelumnya, panen tahun ini tidak dilakukan secara serentak. Apalagi, dengan perubahan cuaca, sehingga tiap-tiap daerah tidak sama waktu panen rayanya.


Meski begitu, Rini menyatakan, penyerapan untuk Mei hingga Juni 2015 nanti tidak akan berbeda dengan sebelumnya. Dia juga optimismis, pemerintah akan dapat menyerap lebih banyak beras petani.


Sementara itu, Anggota DPR Komisi IV dari Rofi Munawar menyesalkan rencana pemerintah untuk melakukan impor besar. Dia menilai, kebijakan itu menunjukkan pemerintah minim terobosan kreatif dalam memecahkan ketersediaan beras nasional, dan membuktikan kelambatan Bulog dalam menyerap gabah petani.


"Bulog tahun ini mendapat target penyerapan gabah petani sebesar 2,7 juta ton. Berdasarkan pengamatan di lapangan, kemungkinan lembaga tersebut hanya mampu mencapai 470 ribu ton, atau 20 persen," katanya.


Situasi itu, tambahnya, menyebabkan anjloknya daya beli petani (NTP), ditambah lemahnya pemantauan pembeliaan gabah petani sesuai HPP oleh Bulog. Bahkan, dalam beberapa kasus, Bulog malah beli beras petani dari tengkulak.


"Impor saat ini dianggap menjadi jalan pintas (
short cut
) paling mudah bagi pemerintah dalam mengantisipasi lonjakan permintaan beras nasional menjelang Puasa dan Lebaran," ujarnya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya