Program Satu Juta Rumah, Berapa Unit Jatah Rakyat Miskin?

Jokowi
Sumber :
  • VIVA / Adieb

VIVA.co.id - Presiden Joko Widodo menyiapkan anggaran sekitar Rp60 triliun untuk mewujudkan program satu juta rumah bagi masyarakat di seluruh Indonesia. Berapa banyak unit rumah untuk masyarakat miskin yang akan dibangun?

Hindari Hal Ini Ketika Beli Rumah Pertama Kali

Ketua Umum Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (REI), Eddy Hussy kepada VIVA.co.id, mengatakan dari satu juta unit yang akan dibangun per tahunnya, jatah rumah untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dipatok 600 ribu unit.  

"Sisanya rumah komersil, ruko, dan sebagainya," ujarnya, Sabtu 16 Mei 2015. 

Tata Ruang Pemda Bantu Jaga Harga Rumah Murah

Dia mengatakan, anggaran yang disiapkan pemerintah tersebut, khusus untuk membangun rumah MBR . Sedangkan untuk rumah komersial, yang juga akan dibangun pengembang dibangun menggunakan anggaran para pengusaha. 

Menurutnya, selain dari APBN, pemerintah juga akan menarik pinjaman dari lembaga keuangan internasional, salah satunya Bank Dunia (WB). Namun, anggaran tersebut diperkirakan juga tidak akan mencukupi, di tengah kenaikan harga bahan baku konstruksi saat ini. 

Mekanisme Pasar Kerek Kenaikan Harga Rumah Murah
"Bank dunia sekarang lagi membicarakan, mereka niat untuk membantu. Minimal itu dari pemerintah itu sudah menyatakan siap, per tahun satu juta unit rumah," tambahnya.  
 
Lebih lanjut, dia mengatakan, para pengembang mengapresiasi program ini. Namun, diperkirakan belum bisa diwujudkan secara maksimal sesuai target pada tahun ini.  

"Minimal tahun depan atau mungkin 2017," ungkapnya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya