Menyusuri Dinding Tanaman Raksasa di Skotlandia

Meikleour Beech, dinding tanaman terbesar di dunia.
Sumber :
  • Panoramio

VIVA.co.id - Apa yang ada di benak Anda saat mendengar kata pagar tanaman? Pastilah tidak jauh dari berisan semak setinggi satu atau dua meter. Namun, jika Anda berkunjung ke Skotlandia, Anda akan menemukan dinding tanaman tertinggi di dunia.

Unik, Jembatan Rel Kereta Ini Hanya Ada di Australia

Daftar Tempat Wisata Unik di Bali

Meikleour Beech namanya. Pagar tanaman supertinggi ini terletak di selatan Blairgowrie, Skotlandia. 

Dilansir Amusing Planet pagar tanaman ini memiliki ketinggian rata-rata lebih dari 30 meter, yang membuatnya pagar tertinggi di dunia dan juga diakui oleh Guinness Book of Records. 

Lima Rekomendasi Toko Buku di Eropa

Memiliki panjang 530 meter terbentang di sepanjang jalan dan lebih dari setengah kilometer atau sepertiga dari satu mil panjangnya. Tempat ini sangat monumental, setiap orang yang melihatnya akan otomatis terpesona pada barisan pohon pembatas tersebut.

Soal usia, dinding tanaman ini juga tidak kalah memecahkan rekor. Kini, pagar Meikleour sudah berumur 270 tahun.

Barisan pohon tersebut ditanam pertama kali pada tahun 1745 oleh Robert Murray Nairne dan istrinya Jean Mercer, pada Meikleour House, yang terletak setengah mil di sebelah barat pagar. 

Namun, Nairne tewas dalam perang Skotlandia melawan Inggris, tak lama setelah dia selesai menanam pohon-pohon tersebut. Karena terpukul oleh kematian sang suami, Jean pun memutuskan untuk membiarkan pagar baru itu tumbuh, sebagai kenang-kenangan.

Meikleour saat ini telah berubah menjadi vila sewaan yang dikelola oleh Meikleour Trust yang juga bertugas menjaga kelestarian pagar. Pepohonan pada pagar ini dipangkas setiap 10 tahun oleh tim ahli, dan membutuhkan waktu enam minggu untuk memangkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya