Patung Buddha Berisi Mumi Akan Dikembalikan ke China

Patung 'Buddha hidup'
Sumber :
  • Street Child

VIVA.co.id - Warga Belanda pemilik patung Buddha kuno berisi mumi biksu, berencana mengembalikan artefak itu ke China, setelah masyarakat sebuah desa di Fujian, China, mengklaim patung itu dicuri dari salah satu kuil 20 tahun lalu.

Dilansir laman Shanghaiist, Rabu, 20 Mei 2015, patung 'Buddha hidup' itu menjadi pusat perhatian, ketika peneliti di Belanda menemukan jasad berusia hampir 1.000 tahun, melalui pemeriksaan CT scan pada patung itu.

Patung itu sedang ditampilkan pada museum sejarah di Budapest, yang foto-fotonya kemudian dilihat warga desa Yangchun di Provinsi Fujian. Disebut terdapat kesamaan dengan patung yang hilang, selama hampir dua dekade.

Para peneliti di Fujian, mengatakan jasad di dalam patung, adalah biksu terkenal bernama Zhanggong Zushi. Patung itu berada di kuil setempat, hingga hilang pada 1995.

Arsitek Belanda, Oscar van Overeem, membeli patung itu seharga 40.000 guilders atau Rp294 juta pada 1996, dari seorang kolektor di Amsterdam yang membelinya di Hong Kong.

Overeem mengklaim punya bukti, patung itu tidak berasal dari kuil Yangchun. "Ini berasal dari kuil, tidak jauh dari desa itu," kata Overeem. "Tapi tentunya itu adalah China dan dari provinsi Fujian."

Dia mengatakan patung itu akan dikembalikan ke sebuah kuil dekat Yangchun, tapi belum menentukan waktunya.

Jawara Shaolin Terjerat Skandal Korupsi dan Seks
Biksu mumi di dalam tabung silinder.

Mumi Biksu dalam Posisi Meditasi Kembali Ditemukan

Mumi ini diambil dari dalam tabung berbentuk silinder.

img_title
VIVA.co.id
14 Januari 2016