BEI: Peningkatan Rating RI Sedikit Pengaruhi Pasar

Bursa Efek Indonesia.
Sumber :
  • Antara/Puspa Perwitasari
VIVA.co.id
Investor Optimistis, IHSG Lanjutkan Penguatan
- Bursa Efek Indonesia (BEI) menyebut peningkatan rating dari lembaga pemeringkat internasional Standard and Poor (S&P) hanya memberikan sedikit pengaruh positifnya di pasar modal Indonesia.

IHSG Bertengger di Zona Hijau, Beli Saham Kapitalisasi Besar
Seperti diketahui S&P menaikkan outlook rating Indonesia dari Stabil menjadi Positif.

Dibuka Menguat, IHSG Lanjutkan di Jalur Hijau
"Barangkali hanya sedikit pengaruh positifnya. Tapi ini tak penting lagi, karena selama ini S&P memberi peringkat Indonesia di bawah investment grade," ujar Direktur Utama BEI Ito Warsito di kantornya, Jumat, 29 Mei 2015.

Meskipun begitu, Ito menambahkan, sejalan dengan adanya perbaikan outlook ini, kepercayaan investor baik domestik maupun asing terhadap pasar Indonesia terus meningkat.

"Investasi pasar modal sudah sedemikian mudah, artinya investor di dalam dan luar negeri bisa berinvestasi saham di BEI secara bebas. Masalahnya edukasi pasar modal terhadap investor terutama domestik masih kurang," tuturnya.

Ito menyatakan partisipasi domestik di perdagangan saham BEI terus menunjukan tren kenaikan dibanding beberapa tahun sebelumnya dari 55 persen menjadi 59 persen. 

Data itu, ucap Ito, menampik pendapat bahwa pasar modal nasional banyak di kuasai oleh asing. Meskipun 65 persen transaksi dimiliki oleh investor asing, kepemilikan saham asing hanya 38 persen.

"Artinya partisipasi kepemilikan asing memiliki tren penurunan. Namun memberikan kontribusi yang cukup signifikan di BEI," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya