2030, Otak Manusia Bisa Terhubung Langsung ke Internet

Director of Engineering Google, Ray Kurzwell
Sumber :
  • Google
VIVA.co.id
Mengenal Lebih Jauh Tentang Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence (AI)
- Perusahaan digital raksasa dunia, Google, percaya jika manusia akan menjadi makhluk hibrida pada 2030 nanti. Menurut mereka, otak manusia bisa terhubung langsung ke Internet di masa depan sehingga tak butuh lagi perangkat macam smartphone, laptop atau
wearable
Manusia Tidak akan Merasa Sakit Lagi di Masa Depan
.
Trik Kelola 'Cuan' Ala Influencer & Public Figure

Hal ini disampaikan oleh Director of Engineering Google, Ray Kurzwell, dalam konferensi Exponential Finance di New York. Menurutnya, otak manusia akan terkoneksi melalui nanobot, sebuah robot kecil yang terbuat dari untaian DNA yang ada.


"Nanobot ini terbuat dari DNA kita sendiri. Itu bisa memanfaatkan server komputasi awan untuk meningkatkan kecerdasan kita. Pemikiran kita akan menjadi hibrida, campuran biologis dan non-biologis," ujar Kurzwell, seperti dikutip melalui
Mail Online
, Senin 8 Juni 2015.


Menurut dia, manusia akan menyatu dengan digital secara bertahap dan meningkatkan kemampuan diri. Hal tersebut dianggap Kurzwell sebagai hal yang wajar karena sudah merupakan sifat alami manusia untuk selalu berupaya melampaui batas kemampuannya.


"Kita bisa melampaui batasan yang kita miliki, bahkan untuk bisa berpikir dengan mengandalkan cloud. Kita akan membuat jembatan untuk menghubungkan otak kita dengan cloud," kata dia.


Ini bukan kali pertama Kurzwell menyatakan keyakinannya akan dominasi robot dalam tubuh manusia. Beberapa waktu lalu, dia juga pernah mengatakan jika kecerdasan buatan (robot) akan bisa melampaui kecerdasan manusia dan itu akan terjadi pada 2045 nanti.


Kurzwell memang kerap memberikan prediksi yang berubah menjadi kenyataan. Pada tahun 1990-an dia membuat 147 prediksi yang akan menjadi nyata di 2009. Pada 2010, dia melakukan
review
terhadap prediksinya itu dan ternyata 86 persen prediksinya di tahun 1990-an benar adanya.


Ia pernah memprediksi bahwa pada 2009, semua orang akan mulai menggunakan komputer jinjing (portable) tanpa kabel. Bahkan display komputer akan bisa dilihat hanya melalui kacamata (Google Glass). Dia juga memprediksi jika di 2009 dunia sudah bisa memiliki mobil kemudi otomatis (self-driving car).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya