Oven Ini Bisa Kirim Gambar Makanan ke Instagram

Oven pintar bernama June
Sumber :
  • June

VIVA.co.id - Sebuah perusahaan elektronik mengklaim telah berhasil membuat oven pintar. Oven ini bisa mengenali makanan yang dimasak dan memposting proses pematangannya langsung ke Instagram.

Perusahaan yang tidak disebutkan namanya itu mengklaim jika oven ini bisa membuat semua orang memasak layaknya koki profesional. Oven ini dinamakan June dan dibanderol seharga US$1.495 atau sekitar Rp15 jutaan.

"Oven ini bisa mengenali makanan dan menggunakan elemen khusus untuk bisa memanaskan lebih cepat dari oven biasa. Ukurannya memang lebih besar dari microwave, karena oven itu dilengkapi dengan kamera HD dan alat timbang yang terintegrasi, sehingga saat makanan dimasukkan maka akan secara otomatis mengenali dan membuat sesuai dengan resep yang enak," ujar Matt Van Horn, salah satu karyawan yang terlibat dalam pengembangan oven ini, seperti dikutip dari TechCrunch, Kamis 11 Juni 2015.

Elemen yang ada di dalam oven ini, dijelaskan Van Horn, mampu memasak dengan tingkat panas 350 derajat fahrenheit dalam kurun empat menit dan 15 detik. June juga diklaim bisa memberikan tips memasak untuk makanan favorit dan secara otomatis menambahkan waktu untuk memasak.

Teknologi Berkembang Pesat, Perawat Perlu Berbenah

Aplikasi di dalamnya juga dilengkapi dengan koleksi resep dalam bentuk video animasi.

"Anda bahkan bisa memodifikasi resep yang ada, mengganti bahan makanan, atau menciptakan resep sendiri ke semua orang di dunia. June adalah oven pintar yang kami ciptakan untuk menghadirkan performa oven yang luar biasa untuk memanggang, membuat kue, merebus, membakar atau memasak dengan perlahan," ujar Van Horn.

June dikatakan bisa dikendalikan dari jarak jauh. Penggunanya bisa memasak dari jauh berkat bantuan perangkat kamera HD yang menghadirkan tampilan video streaming secara live. Bahkan, masakan tersebut bisa diposting secara otomatis ke Instagram.

"Semua bisa diatur sesuai dengan keinginan pengguna. June bisa memprediksi waktu yang dibutuhkan untuk memasak, lalu mengirimkan pemberitahuan ke ponsel pengguna jika masakan sudah matang," ujar Van Horn.

Diupayakan oven pintar ini akan berada di pasaran pertama kali di awal 2016. (art)

Bermain gadget.

Teknologi Membuat Anak Rentan Terpapar Kekerasan Virtual

Orang tua diminta selalu awasi anak-anaknya saat bermain gadget.

img_title
VIVA.co.id
1 Agustus 2016