Kisah Sukses Aktris Berbisnis Produk Bayi

Jessica Alba
Sumber :
  • Forbes
VIVA.co.id
Miliarder Sara Blakely Berbagi Nasihat Bisnis Terbaiknya
- Selama ini, publik mengenal Jessica Alba sebagai aktris cantik yang membintangi serangkaian film populer dan serial televisi.

Trisakti Gandeng Kemenperin Tingkatkan Peran Penelitian

Padahal, tak hanya sebagai aktris, Alba adalah seorang pengusaha sukses beromzet jutaan dolar Amerika Serikat.
Es Pisang Ijo Mendunia


Dikutip pada laman Forbes
, Jumat 12 Juni 2015, Alba mendirikan The Honest Company, perusahaan yang menciptakan produk-produk bayi dan anak yang alami, bebas kimia, dan ramah lingkungan pada 2011. Perusahaan itu, saat ini sudah memproduksi 120 jenis produk bayi.


Kepada
Forbes
, Alba menceritakan bagaimana dia harus membagi waktu antara mengelola perusahaannya dan syuting serial TV.


Alba harus menghabiskan 86 jam dalam seminggu untuk mengawasi pemasaran dan pengembangan merek perusahaan yang baru saja dibentuknya.


Kegigihannya berbuah manis, The Honest Company terus bertumbuh. Pada 2012, tahun pertama menjual produknya, perusahaan itu mampu membukukan pendapatan US$10 juta. Tahun lalu, The Honest Company mencatatkan pendapatan US$150 juta.


Beberapa analis memprediksi, tahun ini perusahaan itu akan membukukan pendapatan US$250 juta.




Inisitif membentuk The Honest Company bermula dari kekhawatirannya pada produk bahan kimia beracun dalam kehidupan sehari-hari.


Namun, dia lebih memilih memproduksi berbagai produk bayi. Inilah yang kemudian menimbulkan ketidak setujuan dari orang-orang terdekatnya. Mereka mengganggap bahwa seharusnya selebritis memiliki bisnis perawatan kecantikan.


Keinginan utamanya, dia ingin menciptakan dunia yang lebih aman dan sehat bagi anak-anak.


Chathy Alba, ibunya, menuturkan bahwa Alba adalah anaknya yang paling sensitif. Dibesarkan di lingkungan pangkalan udara, membuat Alba kecil terkena asma kronis hingga tiap dua minggu harus ke rumah sakit.


Riwayat hidup itu yang menginspirasi Alba untuk melindungi anak-anak.


Awalnya, saat anak pertamanya masih di kandungannya, Alba mencari produk bayi yang terbuat dari bahan alami dan ramah lingkungan. Dia pun berkeliling dan merasakan betapa sulitnya menemukan apa yang ia cari. Sayang, dengan harga yang mahal.


"Saya merasa seperti kebutuhan saya sebagai orang modern tidak dapat terpenuhi. Dari situlah, saya membuat desain sendiri, memproduksi produk bayi yang sehat, dengan harga yang tidak harus premium," ungkapnya.


Sukses dengan bisnisnya, Alba tetap mempromosikan dan berjualan online produknya. Dia mengakui, tetap menjalankan perannya sebagai aktris, sambil mengelola bisnisnya itu. Kini dia memiliki 350 karyawan. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya