Sidang Isbat Tercepat, 13 Menit Tetapkan Awal Ramadhan

Petugas sedang melakukan pengamatan hilal.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Fajar Sodiq

VIVA.co.id - Pemerintah secara resmi menetapkan awal Ramadhan 1436 Hijriah jatuh pada Kamis, 18 Juni 2015.

Hal tersebut ditetapkan menteri agama dalam Sidang Isbat Penetapan Awal Ramadhan yang digelar secara tertutup di Gedung Kementerian Agama, Jalan MH Thamrin, Jakarta, Selasa malam, 16 Juni 2015.

Menurut Kementerian Agama melalui situs resminya, Rabu 17 Juni 2015, Sidang Isbat tahun ini merupakan tercepat dalam sejarah penetapan awal Ramadhan.

Waktu yang dibutuhkan untuk mengambil keputusan tentang penetapan awal Ramadhan ini bahkan hanya 13 menit 38 detik. Secara keseluruhan, sidang hanya berlangsung sekitar 26 menit.

"Alhamdulillah, Isbat berlangsung dengan lancar dan cepat, bahkan tercepat," kata Ketua Umum MUI, Din Syamsudin.

Tidak banyak diwarnai perbedaan pendapat, keputusan awal Ramadhan diambil setelah Tim Hisab Rukyat Kementerian Agama sepakat bahwa ijtima’ menjelang awal Ramadhan terjadi pada Selasa 16 Juni 2015 sekitar pukul 21.05 WIB, bertepatan dengan tanggal 29 Sya’ban 1436 H.

Sementara itu, posisi hilal setelah terbenam matahari di seluruh Indonesia pada hari tersebut berada pada ketinggian antara minus 3 derajat 43 menit hingga minus 1 derajat 47 menit. Data ini juga diperkuat oleh laporan dari 35 titik pengamatan hilal di seluruh Indonesia yang telah melaporkan seluruhnya tidak melihat hilal.

"Dengan demikian, kita bersepakat bahwa 1 Ramadhan 1436 bertepatan pada Kamis, 18 Juni 2015," kata Menag Lukman Hakim Saifuddin.

Sidang Isbat ini dihadiri oleh utusan dari sejumlah lembaga, antara lain DPR RI, MA, Lapan, Planetarium, ormas-ormas Islam, Boscha, Badan Informasi Geospasial, Pengadilan Agama, Polri, para rektor, Badan Hisab dan Rukyat, staf ahli menag, para pejabat eselon I dan II Kementerian Agama.

H+5 Cilacap Menuju Brebes Macet Total di Ajibarang

Hadir juga para duta besar dari beberapa negara sabahat, di antaranya, Pakistan, Aljazair, Yaman, Sudan, UEA, Irak, Palestina, Inggris, Saudi Arabia, Jordania, Iran, Brunei, Malaysia, Tunisia, Turki, Marokko, Mesir, Qatar, Somalia, Bosnia, Bangladesh, dan Syiria.

Presiden Silahturahmi Idul Fitri

Menteri ESDM: Tak Ada Gangguan Energi Selama Libur Lebaran

Dia berterimakasih atas dukungan semua pihak.

img_title
VIVA.co.id
24 Juli 2015