Strategi Ranch Market di Tahun 2015

nuansa australia di ranch market
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar
VIVA.co.id
Aprindo Jelaskan Soal Minimarket Mainkan Harga
- PT Supra Boga Lestari Tbk mengklaim sebagai salah satu supermarket dengan pertumbuhan tercepat pada saat memasuki tahun ketiga Penawaran Umum Saham (IPO) yang dibuka pada bulan Mei 2012 lalu.

Banyak Kontrak Mundur, Laba Adhi Karya Turun
Direktur Utama PT Supra Boga Lestari, Nugroho Setiadharma mengatakan, hal itu dibuktikan dengan pendapatan bersih Perseroan di tahun 2014 adalah sebesar Rp1,6 triliun, atau naik 26,4 persen dari tahun sebelumnya.

Laba Bank Mayora Ditopang Naiknya Penyaluran Kredit
"Kenaikan pendapatan bersih ini didorong oleh 9,5 persen pertumbuhan penjualan toko dan penambahan tiga toko baru, yakni Farmers Market Bintaro Exchange, Farmers Market Grand Wisata Bekasi dan Farmers Market Jababeka," ujar Nugroho saat Public Expose di Jakarta, Rabu 17 Juni 2015.

Menurut Nugraha, hingga akhir tahun 2014, perseroan telah mengoperasikan 25 toko, yang terdiri dari 11 toko Ranch Market dan 14 toko Farmers Market.

"Margin laba bersih tahun 2014 turun menjadi 0,6 persen dari 2,6 persen di tahun 2013. Penurunan ini dikarenakan kerugian dari entitas anak, PT Bahagia Niaga Lestari (Ministop), yang mulai beroperasi dengan dibuka pertama pada semester kedua di tahun 2013," katanya

Nugraha menjelaskan, pengembangan format Ministop membutuhkan waktu yang panjang dan memerlukan penyesuaian dari waktu ke waktu sampai dapat menyesuaikan keinginan dan selera pelanggan.

"Juga disamping tantangan kompetisi yang semakin keras, harga sewa properti yang tinggi, terutama di Jakarta dan pemilihan lokasi-lokasi yang strategis," katanya

Dengan begitu, kata Nugroho, untuk tahun 2015, pihaknya telah memiliki tiga lokasi toko baru di Jakarta dan Surabaya. Sampai dengan kuartal I 2015 ini, perseroan telah telah menambah dua toko Ranch Market di Surabaya dan Serpong.

"Sehingga jumlah toko yang telah dibuka menjadi 27 toko, satu toko baru juga akan dibuka pada semester dua 2015 ini," ujarnya

Tak hanya itu, lanjut Nugroho, pihaknya juga pada kuartal I 2015, telah meluncurkan aplikasi ponsel online bernama "happy fresh".

"Ini untuk memberikan kemudahan bagi pelanggan yang sibuk untuk tetap dapat berbelanja kebutuhannya," ujarnya

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya