Posisi Tidur Bisa Sebabkan Keriput

Ilustrasi wanita tidur
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Bagaimana posisi Anda saat tidur? Miring atau telungkup memang merupakan posisi tidur paling nyaman, namun rupanya hal itu berpengaruh buruk pada kecantikan. 

Heboh Tren Make-up Pokemouth di Media Sosial

Dilansir Metro.co.uk, sebuah studi yang dilakukan universitas di Inggris menunjukkan bahwa posisi tidur berpengaruh signifikan terhadap munculkan kerut dan keriput dini pada wajah. Tidak hanya itu, posisi tidur juga bisa memengaruhi postur tubuh.

Jika Anda terbiasa tidur miring, terlebih di satu sisi saja, hal itu ternyata bisa menyebabkan keriput. 

Masker Aspirin Mampu Bersihkan Pori-pori Wajah

Tubuh yang miring ke salah satu sisi, akan membuat kulit tertarik ke bawah mengikuti gravitasi. "Hal itu, pada akhirnya menyebabkan keriput," ujar Daisy May Sitch, ketua peneliti.

Tidak hanya itu, posisi tidur bergelung seperti bayi dalam kandungan juga tidak baik bagi postur tubuh karena membuat tulang belakang melengkung, yang bisa membuat punggung bungkuk.

Tips Cantik dalam Tujuh Hari untuk Calon Pengantin

Oleh karena itu, Sitch menganjurkan agar membiasakan diri tidur telentang. "Selain baik bagi postur tubuh dan tulang belakang, tidur telentang juga meminimalisasi risiko keriput," kata dia. 

Sayangnya, penelitian lain menyebutkan posisi telentang bisa jadi pemicu kebiasaan mendengkur.

Selain itu, hindari posisi tidur telungkup. Bagi wanita, hal tersebut akan membuat payudara tertekan sehingga mempengaruhi bentuk dan kekencangannya, sementara bagi pria, posisi tidur tersebut bisa menyebabkan kaku otot dan tubuh yang terasa pegal saat bangun tidur.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya