H-7 Lebaran, Dishub DKI Akan Tes Urine Para Sopir Bus

Pemudik Mulai Padati Terminal Kampung Rambutan
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin
VIVA.co.id
Ratusan Sopir Angkutan Umum Cek Kesehatan Gratis
- Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Benjamin Bukit, akan mengadakan beberapa tes kepada para sopir untuk menghadapi Lebaran pada hari H-7.

Masa Lebaran 2015, Jumlah Kecelakaan Turun 21 Persen

"Kami akan adakan tes urine kepada para sopir-sopir bus," kata Benjamin Bukit, di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat 19 Juni 2015.
Mudik 2015, Pengguna Angkutan Jalan Turun 10 Persen


Pihaknya, kata Benjamin, akan mengetes urine para sopir di setiap terminal keberangkatan.


"Kami akan tes urine, alkohol, juga gula darah, kepada para sopir di setiap terminal keberangkatan. Selain itu, di terminal Kalideres yang tujuannya ke wilayah Sumatera dan Kampung Rambutan ke wilayah Jawa. Pokoknya di terminal yang paling banyak pemberangkatan," tuturnya.


Dishub DKI Jakarta, kata Benyamin, akan melakukan tindakan tegas bila ditemukan urine sopir yang kedapatan mengandung alkohol.


Selain itu, lanjut Benjamin, akan memeriksa seluruh persiapan dari para sopir juga kendaran (bus) untuk yang melakukan perjalanan mudik ke luar Jawa.


"Kalau ada yang tidak layak, termasuk ban gundul, KIR (pengujian kendaraan bermotor) dan sebagainya, pihak kami akan memaksa bus tersebut diberhentikan. Walaupun ada penumpangnya, kami akan turunkan," tegasnya.


Benjamin mengatakan, langkah tersebut dilakukan demi keselamatan dan keamanan sopir, penumpang maupun orang lain yang sama-sama menggunakan jalan. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya