Masa Lebaran 2015, Jumlah Kecelakaan Turun 21 Persen

Pemudik yang mengendarai sepeda motor.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Kristian Ali
VIVA.co.id
Tewaskan 10 Orang di Cianjur, Supir Truk Jadi Tersangka
- Menteri Perhubungan, Ignasius Jonan, mengungkapkan selama periode Lebaran, jumlah kecelakaan lalu lintas turun drastis. 

Mobil Dinas Ditumpangi Bupati Dairi Terbalik di Karo
"Ada hal yang baik, yaitu penurunan jumlah kecelakaan lebih dari 21 persen," kata Jonan, dalam penutupan Posko Tingkat Nasional Angkutan Lebaran Terpadu Tahun 2015 di Kementerian Perhubungan, Jakarta, Selasa 28 Juli 2015.

Remaja Tewas Terlindas Truk di Penjaringan
Jonan mengapresiasi penurunan angka kecelakaan itu kepada Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan dan Korlantas Polri. 

"Luar biasa upayanya kali ini, sehingga kecelakaan turun drastis," kata dia.

Jonan melanjutkan, sesuai dengan data Polri, selama H-7 sampai H+7 Lebaran, angka kecelakaan turun 21,6 persen. 

Jumlah fatalitas kecelakaan pun juga turun, baik korban meninggal dunia, luka berat, dan luka ringan. Tercatat, jumlah korban meninggal dunia turun delapan persen, luka berat turun 44,9 persen, dan luka ringan turun 13,5 persen.

"Mudah-mudahan, tahun depan penurunannya bisa lebih banyak," kata mantan dirut PT Kereta Api Indonesia itu.

Jonan melanjutkan, kecelakaan tersebut terjadi di transportasi berbasis jalan raya. Untuk menurunkan angka kecelakaan itu, kata dia, merupakan tantangan yang besar.

"Kemarin, saya sudah kirim surat tanggal 9 Juli 2015 untuk mendukung pembatas kecepatan kendaraan di berbagai jenis jalan," kata dia. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya