Lima Cara Tetap Terhidrasi di Bulan Ramadhan

Ilustrasi minum air putih
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Berbicara tentang menjaga kesehatan saat Ramadhan, menjaga hidrasi (kecukupan air dalam tubuh) dengan baik, adalah kunci penting. Selain bisa tetap menjaga energi saat berpuasa, hidrasi baik juga bisa membuat Anda terlihat lebih sehat dan bugar meski sedang menahan lapar.

Stimulasi Otot Elektrik, Cara Baru Dapatkan Tubuh Bugar

Lalu, apa saja kiat yang bisa dilakukan untuk menjaga hidrasi baik dalam tubuh saat berpuasa? Simak ulasannya dikutip dari laman Alarabiya.

Perawatan kulit

Menjaga kulit agar tetap lembut selama bulan Ramadhan, juga bisa menjadi cara menjaga hidrasi saat puasa. Hal ini karena, kulit adalah bagian yang rentan terkena dampak kurangnya hidrasi tubuh. Rutinlah membersihkan wajah dan menjaga kelembutannya. Optimalkan perawatan kulit dengan menjaga pola tidur saat puasa, agar kesegaran kulit tetap terpelihara.

Jangan gunakan riasan tebal

Menggunakan riasan yang tebal saat sedang berpuasa, bisa memberikan dampak yang buruk bagi kulit yang sedang mengalami kekurangan hidrasi. Hal ini karena, riasan tebal yang terkena sinar matahari berlebihan, dapat menimbulkan efek buruk yang membuat wajah kering dan kusam. Untuk itu, cukup gunakan krim pelindung sinar matahari dan riasan ringan, agar wajah lebih aman dan tetap memesona selama berpuasa.

Bijak pilih makanan

Menjaga hidrasi saat menjalankan puasa, bisa dilakukan dengan bijak memilih menu yang akan disantap saat berbuka maupun saar sahur. Jangan tergoda dengan menu manis yang disajikan saat berbuka.

Pilihlah makanan yang memiliki sumber gigi seperti serat dan antioksidan yang baik untuk kesegaran tubuh. Jauhi camilan yang tidak ada kandungan nutrisinya, karena hanya akan mengotori sistim cerna.

Banyak minum air saat sahur

Kunci penting dari hidrasi adalah asupan air putih yang cukup ke dalam tubuh, saat berpuasa. Asupan air putih saat berpuasa haruslah seimbang, agar tidak mendatangkan masalah yang mengganggu aktivitas Anda saat Ramadhan. Konsumsi banyak air ketika berbuka, menjelang waktu tidur, dan saat sahur. Hindari konsumsi kopi, teh, dan soda untuk kesehatan lambung.

Hilangkan Depresi dengan Lari
Ilustrasi pelayanan medis.

Pemerintah Diminta Sediakan Jaminan Bagi Pekerja Informal

Baik berupa Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKm).

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016