Pertumbuhan Ekonomi 2016 Penuh dengan Tantangan

Ilustrasi infrastruktur
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi
VIVA.co.id
Komisi VII Dukung Upaya Pemerintah Perkuat Pertamina
- Prediksi pertumbuhan ekonomi nasional tahun 2016 yang berkisar antara 5,5 – 6 persen dinilai masih realistis.

Pimpinan DPR Nilai Sudah Cukup Bukti Jadikan Ahok Tersangka

“Tahun ini penuh dengan ketidakpastian, angka 6 merupakan optimisme kami terhadap ekonomi global,” ujar Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro saat melaksanakan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi XI DPR, di Senayan, Senin 22 Juni 2015.
Cita Citata Cabut Laporan terhadap Anggota DPR


Agenda RDP Komisi XI dengan Menkeu, Gubernur BI, dan Ketua BPS kali ini adalah untuk  menetapkan asumsi makro yang masih bersifat indikatif. Gubernur BI mengungkapkan bahwa institusinya saat ini sejalan dengan apa yang disampaikan Menteri Keuangan.


“Perkiraan ekonomi tahun 2016 masih akan tumbuh lebih baik dibandingkan tahun 2015. Dalam menjaga nilai tukar kurs, BI selalu melakukan pengendalian agar nilai tukar rupiah selalu terjaga. Hal ini dilakukan melalui bauran kebijakan stabilitas nilai tukar,” kata Gubernur BI Agus Martowardojo. BI memperkirakan untuk tahun 2016, nilai tukar kurs berada di range Rp13.000 – Rp13.400.


Menanggapi hal tersebut, pimpinan sidang langsung memberikan kesempatan pada setiap fraksi untuk menyatakan pandangannya terhadap paparan yang telah disampaikan.


Secara umum, semua fraksi menyetujui prediksi pertumbuhan ekonomi yang berada antara range 5.5-6 persen. Idris Laena dari Fraksi Golkar mengatakan bahwa fraksinya setuju dengan angka yang telah ditetapkan pemerintah. “Saya menghargai usulan yang telah disampaikan pemerintah. Tentunya kita harus realistis tanpa menghilangkan optimisme kita,” ujarnya.


Sementara Bertu Merlas dari Fraksi PKB mengatakan bahwa kisaran 5.5-6 persen masih bisa dicapai asalkan pemerintah mampu memaksimalkan beberapa sektor. “Angka ini bisa dicapai asal pemerintah mampu menggenjot neraca perdagangan,” kata Bertu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya