Ilmuwan Temukan 'Piramida' di Planet Kerdil Ceres

Perbandingan Bumi, Bulan, dan Ceres
  • arcadiastreet.com
VIVA.co.id
Peneliti: Semua Daerah Bisa Lihat Planet di Atas Kepala
- Piramida tampaknya bukan ciri khas Bumi lagi. Sebab, sebuah gambar menunjukkan adanya penampakan gunung yang menyerupai piramida di planet kerdil Ceres.

Kejutan, Ditemukan Tata Surya Terbesar

Penampakkan itu berhasil diabadikan oleh satelit luar angkasa Dawn, milik Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA). Gunung tersebut menjadi misterius karena satu-satunya yang berbentuk segitiga. Dan sampai saat ini, para peneliti mencoba mencari tahu akan asal-muasal piramida misterius di Ceres ini.
NASA: Hati-hati dengan Klaim Planet Kesembilan

Terlihat jelas piramida itu pada permukaan Ceres melalui sebuah foto pada kamera Dawn. Tampak sekilas, piramida misterius tersebut punya ketinggian seperti yang dimiliki Mont Blanc di Prancis dan Italia dan pegunungan Alpen di Swiss.

Dilansir dari
Daily Mail
, Selasa, 23 Juni 2015, tampak piramida dilihat dari pemetaan oleh Dawn mempunyai ketinggian sekitar 2.700 mil atau setara 4,4 kilometer dengan lebar seluas 6 mil atau 9 kilometer.

"Hal ini menarik melihat penampakan tersebut lebih fokus dan tajam. Beberapa bulan lalu, kami mengamati titik terang. Setelah dieksplor lebih jauh dengan pandangan yang lebih baik, kami menyadari ada dua titik terang," ujar Direktur Misi dan Kepala Teknisi Dawn, Dr Marc Rayman.

Saat ini para peneliti masih mengupayakan Dawn untuk bisa menemukan gambar terbaiknya lagi. Sebab, pada puncak piramida itu menjulang ke atas, namun permukaannya relatif datar.

Terlebih lagi, terlihat banyak titik-titik terang yang sering tampak pada permukaan Ceres. Banyak yang berasumsi, kalau permukaan planet kerdil ini akibat garam. Namun, ada pula yang menanggap hal itu akibatkan, karena posisi Ceres yang berada di tengah-tengah garis sabuk asteroid, antara planet Mars dan Jupiter.

"Sekarang kita ingin melihat lebih banyak. Ini masih belum jelas dan saya pikir masih banyak data yang diperlukan," jelas Rayman. (ren)