Tips Lancar Berpuasa untuk Penderita Anemia

Ilustrasi sel darah merah
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Melihat Darah Bekam Milik Rasulullah
- Menjalani puasa untuk beberapa dari Anda yang memiliki penyakit, pasti akan menjadi ujian berat. Salah satunya, untuk yang menderita anemia atau kekurangan darah. Namun tak perlu cemas, karena Anda tetap bisa melaksanakan ibadah dan tetap menjaga kesehatan tubuh. Bagaimana caranya?

Mengerikan, Digigit Ular Darah Pria Ini 'Mendidih'

Menurut Dr. Rahajeng, dari laman
Atasi Darah Kental dalam Tubuh dengan Makanan Ini
Meetdoctor.com, kunci penting untuk para penderita anemia yang menjalankan puasa, adalah asupan nutrisi yang baik dan optimal saat sahur dan berbuka. "Jenis asupan penting untuk penderita anemia saat puasa adalah kelengkapan zat besi dan vitamin B," ujar Rahajeng.


Ketika sahur, Rahajeng mengatakan asuplah makanan yang kaya akan zat besi seperti daging merah, hati, kacang-kacangan, dan sayuran hijau. Perbanyak protein dibandingkan karbohidrat, karena mengonsumsi karbohidrat terlalu banyak saat sahur dapat membuat Anda mudah lapar dan merasa lemas di siang hari.


Ketika berbuka, disarankan mengonsumsi makanan yang manis terlebih dahulu seperti teh manis, kolak atau kurma untuk mengembalikan kadar gula darah. Setelahnya, Anda dapat beristirahat dan melaksanakan salat, lalu makan besar yang bergizi (serta yang terpenting mengandung zat besi dan vitamin B).


"Umumnya, penderita anemia tidak mampu memenuhi kebutuhan gizi dan kalori dari jadwal makan selama berpuasa, sehingga dibutuhkan suplemen tambahan," kata Rahajeng.


Suplemen tambahan tersebut, tentunya sesuatu yang mengandung zat besi, vitamin B12, asam folat dan mineral lainnya. Maka pastikan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu, agar dosisnya dapat disesuaikan.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya