Ketahui Lima Manfaat Konsumsi Buah Saat Sahur

Sumber :
VIVA.co.id
Menteri ESDM: Tak Ada Gangguan Energi Selama Libur Lebaran
- Menu makanan saat sahur, sangat menentukan kuat atau tidaknya kita menjalankan puasa di siang hari. Untuk itu, pilihan menu santap sahur haruslah memenuhi kecukupan gizi yang dibutuhkan tubuh.

H+5 Cilacap Menuju Brebes Macet Total di Ajibarang

Selain dari konsumsi makanan utama, memenuhi kecukupan gizi juga bisa ditambah dengan buah-buahan segar. Lalu, apa keuntungan mengonsumsi buah saat sahur? Berikut ulasannya, dilansir laman
808 Tewas Saat Mudik
Boldsky.

Menambah energi


Mengonsumsi buah saat sahur adalah pilihan yang tepat, jika Anda ingin energi prima saat berpuasa. Pilihlah buah dengan indeks glikemik yang rendah seperti apel, pisang, dan melon, yang bisa menjadi sumber karbohidrat baik untuk tubuh.


Baik untuk organ cerna

 

Aktivitas puasa, seringkali memberikan dampak pada organ cerna, seperti naiknya gas lambung maupun gangguan lainnya. Untuk itu, Anda membutuhkan kebaikan buah-buahan, yang bisa menyelamatkan organ cerna tersebut. Dengan organ cerna yang optimal, puasa Anda akan lebih lancar.


Meningkatkan mood

Tidak hanya menahan lapar dan haus, berpuasa juga ditujukan agar Anda dapat menjaga dan mengontrol emosi serta mood atau suasana hati saat sedang menjalankan puasa. Suasana hati selalu baik, akan terwujud, bila kita mengonsumsi buah saat sahur. Kandungan gula yang dimilikinya, dapat membuat Anda lebih ceria dan semangat menjalankan ibadah.


Menurunkan stres
 

Beberapa buah dengan kandungan vitamin C, terbukti dapat menurunkan level stres yang dimiliki seseorang. Hal ini karena kandungan vitamin C bisa mengatasi peradangan di dalam tubuh yang menyebabkan stres pada mental maupun fisik Anda.


Cegah dehidrasi

Asupan air putih yang optimal, juga merupakan elemen penting di balik lancarnya ibadah puasa Ramadhan yang dijalani. Dengan bantuan dari buah-buahan, asupan air yang dibutuhkan tubuh akan membaik. Konsumsilah buah yang mengandung banyak air seperti jeruk, semangka, dan melon. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya