Uang Itu Seperti Jam Tangan

Ir. Goenardjoadi Goenawan MM.
Sumber :
VIVA.co.id
Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros
- Jam tangan itu dulu tidak dikenal. Jam jaman dulu itu dirantai. Tapi, memang jam tangan dari dulu sudah dianggap sebagai simbol kemewahan.

Ketika Dompet Tebal Berisi Kertas Kumal
Uang itu seperti jam tangan, dan untuk melihat jam ada berbagai macam cara. Dengar suara adzan kita tahu itu magrib atau subuh,  melihat jam di stasiun bisa. Jadi asalnya jam digunakan sebagai penunjuk waktu.

Pertanyaan yang Harus Dijawab Sebelum Berinvestasi
1. Uang yang seperti Seiko atau Casio banyak digunakan untuk basic uang belanja dan pengeluaran sehari-hari. Ini disebut uang sebagai upah hasil kerja.  Tujuannya hanya basic memenuhi kebutuhan sehari-hari.  

Apakah jam Seiko menyimpan nilai jual? Entahlah. Seperti uang upah gaji, habis dijalan. Tidak memiliki nilai simpan.

2. Uang yang seperti Swatch terlihat warna-warni.  Seperti warna Benetton. Uang seperti ini menyilaukan harganya mahal tapi dijadikan aksesoris, ini banyak terjadi di masyarakat.  

Uang dibuat gaya pajangan. Sepatu harus Charles Keith, Giorgio Armani, harga pakaian harus mahal.  Tapi ini semua seperti wallpaper Samsung. Bagus. Tapi tidak sesuai kenyataan. Ini namanya uang kepalsuan gaya hidup, biasanya namanya uang kartu kredit.

Uang model begini seberapapun tidak akan pernah cukup.  Ada pepatah mengatakan ada dua daftar yang dimiliki orang.  Daftar belanja dan cataran bunuh diri.

3. Uang yang seperti Omega atau Rolex.  Ini disebut OPM other people's money.  Seperti Mobil Alphard, dan berbagai macam lainya,  semua Mobil mewah bukan milik sendiri. 

Kalau duitnya sendiri pasti membeli Inova atau Grand Livina sudah Bagus.  Semua Mobil mewah kebanyakan duitnya orang lain.  Misalnya importir, distributor, agen, showroom, atau grosir, wholesale, semua memiliki pinjaman term of credit.

Jangan anda silau ini jam tangan tetap sekedar jam.  Bisa dicopet juga. Namanya OPM itu seperti gentong air di waterboom akhirnya tumpah juga airnya menyembur para perenang di bawah.

Ini disebut piutang macet. Kredit macet. Bad debt.  Sesekali setahun serial principal mengalaminya.

4. Uang yang seperti Patek Philipe, Baume & Mercier, Bell & Ross, Blacksand, Breguet, Bulgari, Longines DLL. Jam ini namanya uang Bank. Perilaku bank itu begini. 

 Ada satu pengusaha mengajukan pinjaman Rp19 Miliar. Jalan setahun dua tahun maka nasabah kakap ini naik kelas.

Daripada dia merintis bisnis lain, lebih cepat dia cloning namanya take over credit.  Beberapa project yang macet dioper kredit kepada nasabah lancar. 

Begitu terus non performing loan dioper kepada nasabah lancar.  Sampai kapan? Entahlah. Nasabah yang lancar naik kelas. Itu adalah namanya banking system.

Kelemahan banking system inilah yang banyak mengalami penyimpangan.  Jadi seperti balon dia membesar, membesar. Uang jenis Luxury watch ini menguasai 80 persen uang beredar.


Ir. Goenardjoadi Goenawan MM.
Ex Vice President Director PT Lotteria Indonesia. Konsultan dan Motivator tentang Paradigma baru tentang uang.  Penulis 10 buku Manajemen. Buku terbaru eBook Money intelligent 3 Apakah itu Uang. Untuk memiliki eBook silahkan email goenardjoadi@gmail.com
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya