Lapan: Ada Potensi Perbedaan Jatuhnya 1 Syawal

Pantau Posisi Hilal Penetapan Ramadan.
Sumber :
  • FOTO ANTARA/Widodo S Jusuf
VIVA.co.id
Menteri ESDM: Tak Ada Gangguan Energi Selama Libur Lebaran
- Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Thomas Djamaluddin, mengatakan bahwa ada potensi perbedaan pada perayaan Lebaran tahun ini, atau jatuhnya 1 Syawal 1436 Hijriah.

H+5 Cilacap Menuju Brebes Macet Total di Ajibarang

"Ada kemungkinan perbedaan jatuhnya 1 Syawal. Sebab, hilal susah untuk dilihat, sangat mustahil," ujar Thomas kepada
808 Tewas Saat Mudik
VIVA.co.id melalui sambungan telepon, Kamis 9 Juli 2015.


Saat disinggung lebih lanjut mengenai mustahil dilihatnya hilal ini, Thomas menjelaskan kalau tinggi bulan rata-rata kurang dari tiga derajat, sehingga itu dirasa sulit untuk melihat hilal. Terlebih lagi, kontras antara cahaya hilal tipis dan cahaya senja yang kuat.


"Dengan ufuk masih ketinggian kurang dari tiga derajat itu cahaya senja masih kuat, terlalu dekat dengan Matahari. Jadi, mustahil untuk dilihat," tutur Thomas yang juga menjadi Anggota Tim Hisab Rukyat, Kementerian Agama RI.


Dengan kemungkinan itu, tambah Thomas, akan ada perbedaan perayaan Lebaran tahun ini, atau jatuhnya 1 Syawal 1436 Hijriah. Potensi tersebut, menjadi sebagian Organisasi Masyarakat (Ormas) Islam akan ada yang mengikuti keputusan pemerintah dan ada yang hanya menjalankan ibadah Puasa hingga 16 Juli, kemudian merayakan Lebaran di tanggal 17 Juli.


"Ada potensi perbedaan, bila pemerintah memutuskan Lebaran jatuh pada 18 Juli, maka kemungkinan Muhammadiyah akan tetap merayakan Lebaran di tanggal 17 Juli," ucap Thomas.


Di luar kemungkinan-kemungkinan itu, Thomas menyarankan, agar masyarakat turut mengikuti kebijakan pemerintah mengenai jatuhnya 1 Syawal ini.


"Pada tanggal 16 Juli akan diadakan sidang isbat, itu pemerintah akan memutuskannya. Diharapkan, masyarakat dapat mengikuti pemerintah, apa pun keputusannya," tambah dia. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya