Ada Penampakan Ikan Paus di Permukaan Pluto

Penampakan paus di permukaan Pluto
Sumber :
  • www.dailymail.co.uk

VIVA.co.id - Pesawat penjelajah Pluto milik Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA), New Horizon kembali merilis beberapa foto aneh di sekitar permukaan planet kerdil Pluto.

Jika sebelumnya pesawat itu merilis empat foto 'alien' titik hitam, kini pesawat tersebut merilis ada penampakan aneh berupa ikan paus dan donat di permukaan Pluto.

Dikutip dari Daily Mail, Kamis 8 Juli 2015, ilmuwan menamai penampakan bagian gelap di sekitar ekuator Pluto sebagai 'ikan paus', karena bentuknya dilihat mirip dengan hewan air tersebut. Peneliti juga mengidentifikasi penampakan donat dari bentuk terang di permukaan Pluto.

Wilayah yang disebut sebagai ikan paus itu memiliki panjang 3.000 kilometer. Wilayah ikan paus itu merupakan salah satu area tergelap di Pluto yang diambil oleh New Horizon. Pada area ekuator dengan sisi yang berlawanan dengan ikan paus itu, peneliti beberapa waktu lalu mengidentifikasi adanya empat titik hitam misterius.

Ada Gunung Mengambang di Pluto

Peneliti NASA belum mengetahui apa sebenarnya penampakan tersebut. Namun, nantinya akan menjadi jelas, saat New Horizon akan mendekat ke permukaan Pluto.

"Sangat mudah untuk membayangkan Anda melihat bentuk familiar dari koleksi aneh dari fitur gelap dan terang. Tetapi, itu terlalu dini untuk mengetahui apa sebenarnya fitur tersebut," ujar John Spencer, Deputi Pemimpin Tim Pencitraan, Geofisika dan Geologi New Horizon.

Peta baru Pluto tersebut merupakan gambar terbaru yang diambil antara 27 Juni sampai 3 Juli dengan menggunakan Long Range Reconnaissance Imager (LORRI).

Semua penampakan misterius itu akan menjadi lebih jelas saat New Horizon akan terbang melintas dekat permukaan Pluto pada 14 Juli nanti.

Pada tanggal tersebut, New Horizon akan terbang rendah melintasi Pluto dari ketinggian 12.500 km. Saat ini, pesawat New HorizonĀ  berjarak hampir 3,7 miliar mil dari matahari. (asp)

Fitur yang disebut sebagai gunung berapi es di Pluto

Gunung Berapi Es di Pluto Berpotensi Meletus

Ada dua puncak gunung berapi es yang telah terdeteksi.

img_title
VIVA.co.id
12 November 2015