Hadapi Lebaran, Pertamina Tambah Pasokan Elpiji

Ilustrasi Elpiji.
Sumber :
  • VIVAnews/Ahmad Rizaluddin

VIVA.co.id - PT Pertamina memastikan ketersediaan elpiji berbagai ukuran pada hari Raya Idul Fitri. Selain menambah pasokan elpiji PSO dan Non PSO 5-15 persen, Pertamina juga melakukan penambahan waktu operasional  depot, SPPBE dan agen, agar masyarakat mudah mendapatkan elpiji 3 kg dan 12 kg.

Ketersediaan LPG & BBM Jelang Lebaran, Harus Terkontrol

“Kami menyiapkan langkah-langkah yang maksimal untuk memasok BBM dan elpiji, agar masyarakat dapat merayakan Idul Fitri dengan tenang,” kata Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina, Ahmad Bambang, dikutip dari laman Pertamina, Senin 13 Juli 2015.

Ia mengatakan, sejak awal puasa hingga H-8 Idul Fitri 1436H, penyaluran premium masih di bawah estimasi sekitar sembilan persen. Bahkan, jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, tingkat konsumsi tersebut masih lebih rendah 10 persen.

Di sisi lain, konsumsi bahan bakar khusus (BBK) justru lebih tinggi sekitar empat persen dibandingkan dengan estimasi awal yang menunjukkan tren positif kenaikan konsumsi.

Sementara itu, realisasi penyaluran solar bersubsidi hingga periode tersebut mencapai 11 persen di atas estimasi. Namun, jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, penyaluran Solar bersubsidi tersebut lebih rendah sekitar tiga persen.

Pertamina, sebelumnya memproyeksikan pemakaian premium selama masa H-15 hingga H+15 Lebaran, naik dengan besaran masing-masing Premium naik 18 premium dari rata-rata harian normal 76.258 kiloliter (KL) menjadi 89.817 KL. Ada pun, solar bersubsidi diperkirakan turun 11 premium dari rata-rata harian normal 37.228 KL menjadi 33.250 KL.

Proyeksi kenaikan juga terjadi pada elpiji, yaitu naik empat persen dari rata-rata harian normal 19.793 MT menjadi 20.517 MT. Tingkat realisasi penyaluran elpiji sempat lebih tinggi sekitar 2,6 persen pada bulan Juni, tetapi kini volume penyaluran elpiji relatif mendekati estimasi.
 
“Di setiap periode menjelang Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri, Pertamina selalu siap memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dengan terus menjaga ketahanan stok dan mempersiapkan pengelolaan distribusi BBM dan elpiji dengan baik. Upaya ini kami lakukan untuk mengantisipasi peningkatan konsumsi BBM dan elpiji,” kata Ahmad Bambang. (asp)

ESDM Pastikan Tak Ada Kenaikan Harga LPG 3 Kg

Cara Pasang Lebih dari Satu BBM dalam Satu Smartphone

Caranya sangat mudah.

img_title
VIVA.co.id
3 Agustus 2016