Arus Kendaraan di Tol Cipali Diprediksi Membeludak Besok

Ilustrasi/Kemacetan di gerbang tol saat mudik.
Sumber :
  • ANTARA/Dedhez Anggara

VIVA.co.id - Pemandangan berbeda terlihat di Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) ketimbang hari-hari biasanya. Hari ini, Senin siang, 13 Juli 2015, arus lalu lintas di jalan bebas hambatan terpanjang di Indonesia itu terlihat lengang dan lancar.

Kondisi itu, tentu berbeda dengan beberapa hari sebelumnya. Bahkan, pada weekend kemarin, kemacetan panjang terjadi hingga mengular 13 kilometer.

Menurut petugas Tol Cipali, Teguh, arus mudik di Cipali diprediksi akan terjadi pada malam ini. Diprediksi, lonjakan paling tinggi akan terjadi pada besok, Selasa 14 Juli 2015, atau H-3 Lebaran.

"Kami memprediksi arus paling tinggi besok. Kami sudah melakukan kerja sama dengan pihak kepolisian untuk melakukan antisipasi, dengan melakukan sistem buka tutup jalur, baik dari Tol Pejagan, dan Brebes Timur," katanya, saat dihubungi VIVA.co.id.

Hal itu, dikatakannya, akan dilakukan sebaliknya jika salah satu tol dalam keadaan padat. "Pokoknya kalau Pejagan penuh, akan dialihkan ke Tol Brebes Timur. Kalau Brebes Timur yang penuh, akan dialihkan ke Pejagan," kata dia.

Antisipasi Arus Balik, Petugas Gardu Tol Cipali Diperbanyak

Pintu tol tambahan

Sementara itu, berdasarkan pantauan tim mudik tvOne, kepadatan saat ini terjadi di Cipali ke arah Jakarta, tepatnya dari arah Cirebon. Kepadatan terjadi, karena pintu tol yang dioperasikan jumlahnya sedikit.

Selain itu, pemandangan yang tak biasa lagi terjadi di pintu keluar Cipali. Saat ini, sudah ada 10 pintu tol yang disiapkan untuk melayani para pemudik.

Sebelumnya, diketahui hanya enam pintu tol yang hanya dioperasikan, hingga akhirnya menyebabkan antrean panjang. Artinya, ada empat pintu tol lagi yang disiapkan.

Selain itu, beberapa pintu tol seperti di kilometer 178 juga akan dibuka, agar kepadatan dapat terurai menuju Palimanan. (asp)

Kisah Mistis Tol Cipali Diangkat ke Layar Lebar
Antrian di tol Palimanan/Ilustrasi.

Kurangi Macet, Operator Tol Siapkan Receh Hingga Rp1 Miliar

Uang receh disediakan untuk kembalian pengguna jalan.

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2016