Stephen Hawking Tak Sabar Menanti Kejutan Pluto

Stephen Hawking
Sumber :
  • Reuters

VIVA.co.id - Keberhasilan pesawat Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA), New Horizon, terbang melintasi planet kerdil Pluto mendapat perhatian dunia.

Salah satu tokoh yang menyimak momentum bersejarah ini yaitu fisikawan terkenal, Stephen Hawking.

Fisikawan Universitas Cambridge itu mengaku bersyukur dengan pencapaian New Horizon dan memuji langkah tersebut.

"Pengungkapan New Horizon mungkin membantu kami lebih baik dalam memahami bagaimana terbentuknya Tata Surya. Kami mengeksplorasi karena kami adalah manusia dan ingin mengetahui. Saya harap Pluto akan membantu pada perjalanan ini," kata Hawking dalam postingan di akun Facebook-nya, Selasa 14 Juli 2015.

Dalam postingannya di Facebook itu, Hawking tak lupa menyampaikan selamat atas pencapaian tim New Horizon dan NASA. Ia kagum dengan misi yang hampir berjalan satu dekade itu akhirnya telah berhasil mencapai Pluto.

"Itu sudah 50 tahun berlalu, sejak misi sukses pertama ke Mars, Marine 4, yang kirim balik gambar Planet Merah (Mars). Kini, Tata Surya akan menjadi lebih terbuka bagi kami, mengungkapkan rahasia Pluto," kata dia dalam video di Facebooknya.

Hawking juga mengaku tak sabar untuk menunggu informasi dan kejutan yang dikirimkan pesawat New Horizon.

"Saya tak bisa menunggu melihat informasi apa yang akan diungkap pesawat New Horizon tentang tetangga jauh kita," tulis dia.

Momen melintasi Pluto merupakan momen bersejarah bagi dunia dan penelitian antariksa. Sebab, New Horizon merupakan pesawat yang paling jauh terbang menjalankan misinya mendekati Pluto.

Tercatat, New Horizon saat ini berjarak 3 miliar mil dari Bumi. Pesawat itu juga sampai mendekati Pluto setelah menghabiskan perjalanan selama sembilan tahun sejak diluncurkan dari Bumi. 

New Horizon telah melintasi Pluto pada 14 Juli 2015 sesuai jadwal. (art)

Hawking: Bencana Dunia Hampir Pasti, Segera Tinggalkan Bumi
Stephen Hawking

Stephen Hawking Punya Misi Antariksa Baru

Misi tersebut dinamai Starshot.

img_title
VIVA.co.id
12 April 2016