Sudah Diputuskan, Tak Ada Perbedaan 1 Syawal

Pemantauan hilal
Sumber :
  • FOTO ANTARA/Sahrul Manda Tikupadang
VIVA.co.id
Puncak Lebaran, Smartfren Panen Data dan Panggilan
- Setelah melakukan sidang itsbat atau penentuan Idul Fitri 1436 Hijriah secara tertutup pada Kamis 16 Juli 2015, diambil keputusan bahwa 1 Syawal jatuh pada Jumat 17 Juli 2015 besok.

Selama Lebaran, 790 Kecelakaan Terjadi di Jateng

"Seluruh menyepakati bahwa maka malam ini kita sudah memasuki 1 Syawal 1436 H. Alhamdulillah tahun ini seluruh umat Islam akan bersama-sama memasuki 1 Syawal dan sholat Ied besok pada pukul tujuh pagi ," ujar Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, di Kementerian Agama, Jakarta, Kamis 16 Juli 2015.
Seribu Orang Tewas saat Mudik


Penentuan Idul Fitri dilaksanakan pada Jumat besok, karena dari pemaparan rukyatul hilal, posisi bulan sudah di atas 2 derajat.


Hasil pengamatan, di sejumlah titik oleh petugas rukyatul hilal, bulan bisa terlihat. Sehingga, bisa dipastikan 1 Syawal 1436 H jatuh pada Jumat 17 Juli 2015 H.


Itu berarti, kekhawatiran adanya perbedaan penetapan 1 Syawal antara pemerintah dan sejumlah ormas seperti Muhammadiyah, tidak terjadi.


Hilal dilihat di sejumlah daerah seperti Tanjung Kodok, Gresik dan di Bojonegoro, dan kepulauan seribu. Saksi-saksi sudah disumpah oleh hakim pengadilan agama.


Jauh sebelumnya, Muhammadiyah sendiri sudah menetapkan 1 Syawal 1436 Hijriah jatuh pada Jumat besok.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya