Jonan: Kapal yang Angkut Pemudik Kelebihan Beban

Menhub saat meninjau Pelabuhan Tanjung Perak
Sumber :
  • VIVA.co.id/Tudji Martudji

VIVA.co.id - Menteri Perhubungan, Ignasius Jonan, meninjau arus balik di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jumat, 24 Juli 2015. Di saat yang bersamaan, Jonan sempat bercengkerama dengan sejumlah penumpang Kapal Motor (KM) Awu milik PT Pelni tujuan Pelabuhan Kumai.

Kini Ada Penerbangan Surabaya-Pulau Bawean, Harga Rp240 Ribu

Tak hanya itu, Jonan sempat memeriksa toilet kapal tersebut. "Saya ingin lihat, gimana kebersihan toiletnya," kata Jonan.

Sebelum itu, di Terminal Gapura Surya Nusantara Pelabuhan Tanjung Perak, ‎Jonan juga melihat langsung kesiapan operator pelabuhan dan kapal.

Ikut mendampingi Jonan di antaranya, Direktur Utama PT Pelindo III, Djarwo Surjanto, Dirut PT Pelni, Elfien Goentoro, yang blusukan di Terminal GSN dan di dalam KM Awu.

Jonan mengaku, jumlah kapasitas kapal sudah melebihi batas normal di musim Lebaran ini. Namun, kata dia, yang paling penting tidak mengesampingkan keselamatan.

"Yang paling penting adalah keselamatan saat membawa penumpang ke pelabuhan tujuan," katanya.

Durit Pelni, Elfien Goentoro, menambahkan, KM Awu membawa penumpang hingga 155 persen dari batas kapasitas penumpang. Namun, dia berani menjamin Pelni masih mengutamakan keselamatan.

Saat itu, Jonan berkesempatan melepas keberangkatan KM Awu dari roof top lantai tiga Terminal GSN.

Kemudian, melanjutkan peninjauan arus balik Lebaran ke Terminal Purabaya Surabaya. Sebelumnya, ke Terminal 2 Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo. (art)

Selama Lima Tahun, Jonan Akan Kembangkan 1.000 Pelabuhan
Sejumlah kendaraan bergerak padat merayap setelah keluar pintu tol Gadog, Bogor, Jawa Barat, Jumat (29/3/2013).

Kepadatan Lalu Lintas Arus Balik Diperkirakan Setelah Magrib

Polisi sudah menyiapkan skenario rekayasa lalu lintas.

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2016