Pengunjung 81 Ribu, Hindari Pintu Utara Ragunan

Suasana di kandang gajah Ragunan.
Sumber :
  • VIVAnews/Ahmad Rizaluddin

VIVA.co.id - Mengantisipasi lonjakan pengunjung di momen liburan hari raya Idul Fitri, pengelola Kebun Binatang Ragunan memperpanjang waktu kunjungan . Hal ini juga bertujuan untuk memberikan kepuasan ekstra bagi para pengunjung yang berlibur di Ragunan.

"Jam operasional lebih lama, pagi kita buka lebih awal jam 7 biasanya di hari biasa buka jam 8, dan tutupnya yang biasanya jam 4 sore kita mundurkan menjadi jam 5 sore," ujar Humas Kebun Binatang Ragunan Bambang Wahyudi saat ditemui VIVA.co.id, Minggu 19 Juli 2015.

Benar saja, pada hari ketiga lebaran ini, tercatat, sejak pagi hingga siang tadi, jumlah pengunjung telah mencapai 81 ribu pengunjung. Lonjakan jumlah pengunjung ini, naik tiga kali lipat dibanding hari biasa yang hanya berkisar 20 hingga 30 ribu pengunjung.

Wahyudi juga menyarankan kepada pengunjung yang ingin mengunjungi Kebun Binatang Ragunan untuk menghindari pintu masuk bagian utara.

"Untuk pengunjung yang masih ingin datang ke ragunan di hari-hari berikutnya, kami menyarankan pengunjung untuk bisa memasuki 4 arah pintu yakni pintu utara, barat, timur dan selatan. Namun kalau nggak ingin macet dihindari pintu utara karena pintu itu yang paling ramai dan sering terjadi kemacetan," ujar Wahyudi.

Wahyudi memaparkan, bahwa pintu barat dapat menjadi pintu masuk yang tepat bagi pengunjung yang berasal dari Cilandak, Pondok Labu dan sekitarnya, sedang pintu timur bagi yang berasal dari Lenteng Agung, Depok dan Bogor. Sementara pintu selatan solusi yang tepat bagi pengunjung yang berasal dari Jagakarsa, Ciganjur dan sekitarnya.

Selain itu, Wahyudi juga menghimbau kepada para orang tua untuk menjaga putra-putrinya agar tidak terpisah selama berada di Ragunan. Untuk menjaga konsistensi jumlah pengunjung agat tidak hanya ramai di momen liburan, pihak pengelola Kebun Binatang Ragunan juga menyiapkan beberapa strategi.

Satwa Baru

Jual Boneka Demi Kelangsungan Hidup Jerapah Asal Australia

Strategi tersebut antara lain adalah terus melakukan promosi-promosi, mengadakan atraksi-atraksi dan event-event menarik untuk tetap menarik minat para pengunjung. SelainĀ  itu, Ragunan juga akan terus menambah koleksi satwa. Rencananya pada bulan depan akan ada satu satwa baru yang menjadi penghuni baru Kebun Binatang Ragunan.

Satwa itu merupakan satwa jenis baru yang belum ada di Kebun Binatang Ragunan. Namun, pihak pengelola belum mau memberikan bocoran terkait jenis dari satwa tersebut.

"Akan ada Fauna baru, mudah-mudahan di bulan depan akan kita datangkan satu satwa baru yang belum ada saat ini. Nanti aja ya diberitahunya, nanti nggak surprise," kata Wahyudi.

Macan tutul tidur pada saat gerhana matahari di Taman Marga Satwa Ragunan (TMSR), Rabu 9 Maret 2016.

Macan Kembali Tidur Saat Gerhana Matahari

Terjadi perubahan perilaku biologis hewan saat gerhana.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2016