Libur Lebaran, Hotel Baru di Yogya Bersaing Rebut Wisatawan

Kendaraan melintas di dekat Tugu Yogyakarta.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Noveradika

VIVA.co.id - Tingkat hunian hotel di Yogyakarta, rata-rata hampir mencapai 100 persen selama musim libur Lebaran 2015.

"Hampir full booked, kamar-kamar kami penuh diisi tamu," kata Public Relation Hotel Jayakarta, Tabitha Oktaviana, Rabu 22 Juli 2015.

Mau Menginap di Hotel Mewah Terbaik Dunia, Ini Daftarnya

Ia mengatakan, kamar hotel yang berada di Jalan Solo-Yogyakarta ini sudah dipesan sejak hari pertama Lebaran.

Bahkan, menurut Tabitha, puncak hunian kamar di hotelnya terjadi pada 18 hingga 21 Juli. Saat itu, rata-rata tingkat hunian kamar mencapai 97 persen.

"Kamar-kamar hotel dipenuhi tamu yang didominasi dari luar DIY. Hal tersebut tampak dari pelat nomor kendaraan yang banyak dipenuhi dari luar kota," ujarnya.

Hal yang sama juga dialami Indoluxe Hotel, Yogyakarta, yang berada di Jalan Palagan Tentara Pelajar ini, tingkat hunian mencapai 97-100 persen pada masa libur Lebaran.

"Sejak tanggal 19 hingga 21 Juli, kami full bahkan sampai 100 persen," kata Theodorus Yudi Kristanto, Sales Executive Indoluxe Hotel Yogyakarta, saat dihubungi VIVA.co.id, Rabu 22 Juli 2015.

Menurut dia, mereka yang menginap di hotel yang belum lama dibuka ini adalah warga dari luar Yogyakarta. Sementara itu, rata-rata tamu menginap antara 1-2 malam.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY, Istijab Danunagoro, mengatakan, sejumlah hotel kelas bintang tingkat huniannya bisa di atas 90 persen dari kamar yang tersedia. Terutama, hotel yang berada di kawasan Malioboro dan yang berlokasi di jalur-jalur utama.

Soto-Sate Padang Dulu, Sebelum Balapan Tour de Singkarak

Namun, hotel bintang yang berada di luar Malioboro, tingkat hunian tak sampai 70 persen. "Hotel-hotel baru saat ini semakin banyak, sehingga banyak kamar yang ditawarkan," kata dia.

Dia menjelaskan, jumlah wisatawan saat libur Lebaran sangat banyak. Namun, kamar hotel yang tersedia tak kalah banyaknya, sehingga kamar yang ada tak bisa laku semua.

"Berat bagi pengusaha hotel, meski wisatawan ramai. Sangat banyak hotel memberikan pilihan yang beragam kepada wisatawan dengan harga yang bersaing," kata Istijab. (art)

Ilustrasi Kamar Hotel.

Tujuh Hotel dengan Layanan Paling Mewah

Salah satunya ada di London, Inggris.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016