Apakah Jadi Karyawan Tidak Bisa Kaya?

Goenardjoadi Goenawan
Sumber :
  • Dokumentasi Haesanmul Gansig
VIVA.co.id
Tips Sukses Bisnis Pencucian Mobil dan Motor
- Sebelum membahas ini ada penjelasan mengenai dasar hubungan kerjasama yang harus dimengerti. Misalnya, Anda punya mobil dan saya pakai untuk rental, berapa bagian yang ideal untuk pemilik dan pengendara? Mungkin Anda pikir pembagian 50 persen untuk pemilik, apakah itu pembagian yang fair menurut Anda?

Kiat Jadi Pengusaha Sukses ala Zaskia Adya Mecca
Bagaimana bila pemiliknya punya 1.000 mobil?  Berarti pembagiannya hak pengendara 0.5/1.000 yaitu 0.05 persen per pengendara, dibandingkan pemilik yang mewakili 50 persen bagian.

Bos Sido Muncul: Pintar Bukan Jaminan Bisa Sukses
Jadi pemilik sebagai penguasa capital mendapatkan 50 persen karena dia memiliki cost of money yang murah.  Pinjaman bank dengan bunga sembilan persen, yaitu 10 kali lebih rendah daripada orang yang tidak memiliki capital atau agunan.

Jadi di sini faktor capital membedakan atau mendiskriminasikan golongan menengah bawah daripada golongan atas. Inilah esensi pertama ketidakadilan masyarakat. Artinya ada ketimpangan cost of money yang memihak pemilik modal.

Bagaimana dengan karyawan lainnya, apakah selalu pembagiannya 0.05 persen? Tidak.  Misalnya ada karyawan kunci seperti art director, creative director, film director, atau misalnya broker yang hak nya lebih besar antara 2 - 10 persen dari omzet.  

Oleh karena besarnya porsi mereka, maka mereka dipekerjakan sistem freelance. Banyak profesi semacam ini misalnya retail management consultant, franchise management consultant dan berbagai profesi lainnya.

Apakah mesti kerjasama yang mendapatkan porsi besar harus freelance?  Tidak, tergantung dari industry anda.  Beberapa  posisi karyawan mendapatkan porsi besar 10 persen misalnya sebagai franchise manager, atau tenant relation, sales manager hotel, atau sales manager event organizer, memiliki porsi cukup besar dalam perusahaan tergantung dari jenis industrinya.

Apakah semua freelance mendapatkan porsi besar? Tidak tentu. Artis penyanyi misalnya seharusnya mendapatkan 70 persen hak income dan agent / manajemen mendapatkan 30 persen.  

Tapi banyak artis jebolan pencarian bakat misalnya, malah terbalik mendapatkan 30 persen.  Sisanya untuk manajemen artis pemilik acara. Tapi ini jauh lebih baik daripada sebagai rata-rata karyawan.



Ir. Goenardjoadi Goenawan MM.

Konsultan dan motivator tentang paradigma baru tentang uang. Penulis 10 buku manajemen. Buku terbaru MONEY INTELIGENT, Rahasia Kaya Mulai Berbisnis, dan seri Dua Rahasia Kaya Jangan Cintai Uang segera terbit di Gramedia bulan Juli 2015. Untuk memiliki eBook MI3 Money intelligent 3 silahkan klik tautan ini.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya