Mayoritas Pemudik dari Sumatera Sudah Kembali ke Jawa

Pemudik yang mengendarai sepeda motor.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Kristian Ali
VIVA.co.id
Tahun Baru Hampir 400 Ribu Kendaraan Lintasi Tol Cikampek
- Arus balik H+6 Idul Fitri di Pelabuhan Merak hari ini terpantau lengang. Tidak terlihat tumpukan para pemudik dari Sumatera yang balik ke Jawa, baik pengguna kendaraan pribadi maupun penumpang yang berjalan kaki.

Pelabuhan Merak Dipadati Ribuan Mobil Pribadi
Data PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) di Pelabuhan Merak mencatat, 135 ribu pemudik pejalan kaki yang tercatat menggunakan jasa penyeberangan, dan 65 ribu pemudik dengan kendaraan pribadi, sebanyak 70 persen sudah kembali ke Jawa. 

Antrean Truk di Pelabuhan Merak Mencapai 6 Km
Pantauan tvOne, Jumat, 24 Juli 2015, di lima dermaga yang melayani arus mudik Lebaran, tidak terjadi tumpukan para pemudik. Bahkan, pagi ini di pelabuhan tersebut cenderung sepi dari pemudik.  

Puncak arus balik gelombang pertama diperkirakan telah terjadi sejak H+3 hingga H+5 kemarin, seiring dengan berakhirnya cuti bersama yang ditetapkan pemerintah. Tercatat sekitar 20 ribu pemudik kembali ke Jawa pada periode tersebut. 

Sementara itu, arus balik gelombang kedua, diperkirakan mulai terjadi besok hingga Minggu 26 Juli 2015, seiring dengan berakhirnya masa liburan sekolah. Pihak ASDP dan petugas keamanan terus mengawal arus balik tersebut, sehingga dapat berjalan dengan lancar. 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya