Terjerat Utang, Apa Pemicunya?

Goenardjoadi Goenawan
Sumber :
  • Dokumentasi Haesanmul Gansig
VIVA.co.id
Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros
- Pengetahuan tentang uang sudah seharusnya dimiliki oleh setiap orang, tak mengenal apa profesi dan jabatan seseorang.

Ini Gambaran Indahnya Hidup Tanpa Utang
Bahkan, seorang satpam pun perlu belajar money intelligent juga. Misalnya, dapat kartu kredit jangan habis-habisan, perlu money intelligent memakainya.  

Cara Menghemat Pengeluaran Sekolah Anak-anak
Jangan pernah belanja melebihi penghasilan. Orang zaman dulu saja tahu peribahasa 'besar pasak daripada tiang'.

Mungkin bisa ditambahkan, 'tahan godaan uang' juga adalah money intelligent. Memiliki banyak uang juga harus tahan godaan untuk tidak maruk membelanjakannya. 

Lihat saja para artis yang sebelumnya miskin, begitu kaya, menghambur hamburkan uang. Contoh klasik adalah Michael Jackson, Whitney Houston, Mike Tyson, Maradona.

Namun, kita juga punya contoh yang baik. Orang super kaya, tapi tetap tahan godaan untuk tidak berfoya-foya membelanjakan kekayaannya. 

Warren Buffett tidak pernah pindah ke rumah yang lebih besar. Dia tetap tinggal di rumah yang sama dengan rumah yang dibelinya saat menikah. 

Mobilnya sudah puluhan tahun umurnya. Tinggal di kota kecil dan kantornya tetap sewa. Tidak punya pesawat pribadi, meskipun dia memiliki perusahaan yang menyewakan pesawat.

Contoh lainnya, Mark Zuckerberg tetap saja pakai kaos dan jeans, makan di restoran sederhana. 

Kapitalis tidak selamanya jelek. Ada saja yang berhasil dari sistem ini yang berbuat baik untuk dunia.

Dalam kasus seorang karyawan terjerat kartu kredit, mintalah bicara baik-baik ke bank dan minta restrukturisasi. Pasti ada jalan keluar, karena bank juga tidak mau kalau ada kredit yang macet.

Ir. Goenardjoadi Goenawan MM.

Konsultan dan motivator tentang paradigma baru tentang uang. Penulis 10 buku manajemen. Buku terbaru MONEY INTELIGENT, Rahasia Kaya Mulai Berbisnis, dan seri Dua Rahasia Kaya Jangan Cintai Uang segera terbit di Gramedia bulan Juli 2015. Untuk memiliki eBook MI3 Money intelligent 3 silakan e-mail ke goenardjoadi@gmail.com
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya