Menguak Fakta di Balik Penyebab Bau Badan Tak Sedap

Ilustrasi bau badan.
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - adalah masalah yang sering dikeluahkan banyak orang. Tak jarang, hal ini menjadi penyebab seseorang merasa malu saat berada di tengah perkumpulan.

Tidak peduli seberapa rutin Anda mandi. Bau badan bisa terus melekat di tubuh Anda.

Bau Badan? Gunakan Lima Deodoran Alami Ini



Ada banyak hal yang perlu Anda ketahui tentang penyebab bau badan. Nah, ternyata bau badan Anda secara langsung berhubungan dengan kebiasaan pola makan dan kebersihan Anda.

Apakah Anda mandi secara teratur? Apakah asupan kafein Anda berlebih? Pertanyaan itu ada kaitannya dengan penyebab bau badan yang setiap orang alami.

Seperti dilansir laman Times of India, kebiasaan rutin sehari-hari Anda perlu diperhatikan untuk mengontrol bau badan.

Spesialis kulit--Dr. Jamuna Pai asal India pun menjelaskan secara rinci, alasan mengapa kita mengalami bau badan begitu buruk dan bagaimana untuk menyingkirkan bau itu.

Ketahui penyebab bau

Berkeringat atau keringat adalah proses alami yang timbul dari stres, latihan dan suhu tinggi. Proses alami yang sama ini menjadi gangguan berupa bau badan yang bisa terjadi karena keringat bertemu bakteri pada kulit.

Dr Pai menegaskan, "Keringat sendiri tidak berbau, tetapi ditambah dengan sel-sel kulit mati, ia menyediakan media bagi bakteri untuk tumbuh. Bakteri ini, memecah keringat menyebabkan bau badan yang tidak sedap."

Jadi apa yang harus kita lakukan? Apakah ada cara untuk menutupi bau badan?

Untungnya, ya! Ada berbagai cara yang bisa mengontrol bau badan dari hari ke hari. Dr Pai pun menyarankan agar setiap orang mengikuti pola makan sehat dan seimbang lengkap dengan suplemen gizi. Menggunakan aplikasi topikal dari aluminium klorida di malam hari juga bisa membantu dan tak ada salahnya menggunakan bedak anti jamur di siang hari.

Ketika makan, Pai pun menganjurkan untuk menghindari bawang putih dan bawang merah. "Bawang ini terkenal memicu bau badan busuk."

Pola makan kaya buah-buahan dan sayuran, asupan protein yang cukup, biji-bijian dan suplemen seperti B kompleks Vitamin dan zinc dianjurkan dan tentu saja minimal 2-3 liter air setiap hari.

Bagaimana penggunaan antiperspiran dan deodoran?

Gunakan losion antiperspirant jika Anda berkeringat berlebihan. Losion ini mengandung aluminium klorida dan harus digunakan dalam ketiak, telapak tangan dan kaki di malam hari. Mereka bekerja mengurangi jumlah keringat. Deodoran tidak mencegah atau mengontrol jumlah keringat, tetapi bisa membantu untuk menutupi bau badan.

Setelah antiperspiran dan deodoran habis, bau badan datang lagi. Apa yang harus dilakukan?

Selalu membantu untuk mengatasi faktor penyebab bau badan agar mencapai hasil yang lebih baik. Di sini, jika tubuh mengeluarkan banyak keringat, dan ada penumpukan sel-sel mati, kotoran dan bakteri, antiperspiran tidak dapat efektif untuk waktu yang lama.

Jadi untuk hasil yang lebih baik Anda bisa mengikuti rutinitas yang sehat seperti, mandi setidaknya dua kali sehari jika Anda berkeringat banyak. Oleskan bedak tabur di seluruh tubuh  di bagian lipatan setelah mandi.

Delapan Makanan Penyebab Bau Badan Tak Sedap

Kenakan busana yang menyerap keringat, minum banyak air, kurangi asupan kafein dan konsumsi lebih banyak teh herbal atau teh hijau serta gunakan anti-antiperspiran pada kulit.

Jika ingin menggunakan deodoran, gunakan sedikit bedak sebelum menerapkan deodoran. Ini membantu deodoran melekat lama dan membuat kulit tetap kering.

Minuman penghilang bau mulut dan bau badan.

Minuman Ini Hilangkan Bau Mulut Sekaligus Bau Badan

Anda harus mengonsumsi makanan dan minuman sehat.

img_title
VIVA.co.id
28 Juli 2016