Menteri Rini Ingin BUMN Siap Mendunia

Gedung Kementerian BUMN.
Sumber :
  • Antara/Wahyu Putro

VIVA.co.id - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno, berharap BUMN-BUMN bersiap untuk go global (mendunia) untuk menghadapi persaingan masyarakat ekonomi kawasan Asia Tenggara (MEA). 

Pejabat yang Rangkap Jabatan di BUMN Diminta Buat LHKPN

Dia menilai bahwa ada beberapa perusahaan pelat merah yang bisa mengembangkan sayapnya ke luar negeri. Sebut saja PT Telkom Tbk dan PT Semen Indonesia Tbk.

"Pemerintah ingin banyak perusahaan (BUMN) yang go global seperti Telkom, Semen Indonesia, Bank Mandiri, Bank BRI (Bank Rakyat Indonesia), dan lain-lain," kata dia, saat membuka pameran "Indonesia Hebat"  di Parkir Selatan Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat 21 Agustus 2015.

Kementerian BUMN menggelar pameran ini, agar masyarakat bisa lebih mengenal BUMN, dan mengetahui persiapan-persiapan perusahaan plat merah menjelang MEA.

"Saya berharap, lewat pameran ini masyarakat bisa melihat kesiapan BUMN memasuki ajang global," katanya.

Eks mantan menteri perindustrian dan perdagangan itu mengatakan, pihaknya juga mengambil tema "BUMN Hadir untuk Negeri" di samping tema nasional "70 Tahun Ayo Kerja".

"Tema itu dipilih untuk menunjukkan BUMN, bukan hanya alat negara buat mencari keuntungan lewat dividen dan pajak, tetapi juga memberi manfaat luas kepada masyarakat. Termasuk lewat PKBL (program kemitraan dan bina lingkungan) dan CSR (tanggung jawab sosial perusahaan)," kata dia.

Pameran tersebut, diikuti oleh 58 perusahaan pelat merah, seperti Perusahaan Umum Pembangunan Perumahan Nasional (Perumnas), PT Taspen (Tabungan Asuransi Pensiun Pegawai Negeri), PT Pindad, dan PT Pertamina. Pameran ini diselenggarakan di Parkir Selatan Gelora Bung Karno selama tiga hari, 21-23 Agustus 2015. (asp)

Visualisasi pengembangan organisasi BRI melalui BRIVolution 2.0

Pengembangan Organisasi di Masa Pandemi: BRI Jalankan BRIVolution 2.0

Manfaatkan momentum pandemi sebagai stimulus terjadinya pengembangan organisasi, BRI dorong implementasi BRIVolution 2.0

img_title
VIVA.co.id
24 Desember 2021