Dua BUMN Ini Minta Modal Rp3,25 Triliun

Angkasa Pura Airport.
Sumber :
  • Antara/ Eric Ireng

VIVA.co.id - Dua perusahaan pelat merah, PT Angkasa Pura II dan PT Jasa Marga Tbk mengajukan permohonan Penyertaan Modal Negara (PMN) dengan total Rp3,25 triliun dalam APBN 2016.

Pejabat yang Rangkap Jabatan di BUMN Diminta Buat LHKPN

Ada pun rinciannya adalah PT Angkasa Pura II mengajukan sebesar Rp2 triliun,  dan Jasa Marga mengajukan Rp1,25 triliun.

"AP II usulkan Rp2 triliun, sedangkan Jasa Marga diusulkan PMN sebesar Rp1,25 triliun," kata Wakil Ketua Komisi VI DPR, Azam Azman, saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) Kamis 27 Agustus 2015.

Azzam meminta, kedua perusahaan tersebut menjelaskan kinerja perusahaan, sehingga penting untuk mendapatkan PMN tersebut.

Deputi Bidang Usaha Konstruksi, Sarana, dan Prasarana Perhubungan, Kementerian BUMN, Pontas Tambunan, mengatakan kedua perusahaan ini juga telah masuk dalam rencana program Kementerian BUMN.

"Dengan PMN dari APBN 2016 ini, diharapkan dapat menyelesaikan hambatan dari perusahaan jasa infrastruktur tersebut," kata dia.

Pontas mencontohkan, untuk proyek jalan tol Trans Jawa dan Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2, penyelesaiannya belum dapat dilakukan dengan cepat. Karena itu, dibutuhkan PMN untuk membantu pembangunan tersebut.

"Namun, penyelesaiannya belum dilakukan dengan cepat. Kalau dari BUMN ini diharapkan dapat diselesaikan, karena akan berdampak kepada efesiensi pemerintah," tutur dia.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Direktur Utama Jasa Marga, Adityawarman dan jajarannya, serta Direktur Utama PT AP II, Budi Karya Sumadi beserta jajarannya. (asp)

Erick Thohir Klaim Temukan 53 Kasus Korupsi di BUMN
Visualisasi pengembangan organisasi BRI melalui BRIVolution 2.0

Pengembangan Organisasi di Masa Pandemi: BRI Jalankan BRIVolution 2.0

Manfaatkan momentum pandemi sebagai stimulus terjadinya pengembangan organisasi, BRI dorong implementasi BRIVolution 2.0

img_title
VIVA.co.id
24 Desember 2021