Kamera Ini Punya Resolusi 3,2 Gigapiksel

Kamera yang akan disematkan di teleskop
Sumber :
  • SLAC/NAL
VIVA.co.id
Teleskop Penemu 1.000 Planet Rusak Lagi
- Apa kamera digital tercanggih dan terbesar saat ini? Mungkin jawabannya adalah Large Synoptic Survey Telescope (LSST) yang akan dikirim ke luar angkasa untuk meneliti penampakan galaksi secara detail.

Selamat Tinggal pada Kamera GoPro Ini

Dilansir melalui
Gila, Pria Ini Ganti Bola Matanya dengan Kamera
Daily Mail , Rabu, 2 September 2015, LSST akan dilengkapi dengan kamera supercanggih beresolusi 3,2 gigapiksel dan berukuran sama dengan sebuah mobil sedan, dengan berat tiga ton.


Kamera itu akan menjadi jantung dari LSST yang mampu mengambil gambar secara detil, bahkan dengan bantuan layar televisi 1500 HD. Kamera canggih itu akan diluncurkan ke luar angkasa agar bisa menyatu dengan LSST dan menjadi mata dari teleskop itu.


"Ini merupakan tahap selanjutnya dari pengembangan LSST, dikenal dengan nama Critical Decision 3. Sekarang kita bisa melanjutkan pengembangannya, membeli komponen dan mulai membangun," ujar Direktur LSST, Steve Kahn.


Jika kamera itu sudah tersemat dalam LSST maka teleskop itu bisa langsung mengambil gambar dari seluruh penampakan luar angkasa di 2022. LSST akan menghasilkan gambar survei dari pemandangan alam bumi di malam hari, dengan foto lebar detail mendalam, dan lebih cepat.


Dengan durasi orbit 10 tahun ke depan, LSST akan bertugas untuk mendeteksi puluhan miliar objek luar angkasa. Dipercaya LSST akan menemukan lebih banyak objek di galaksi ketimbang jumlah populasi dunia. LSST juga akan membuat detail luar angkasa dalam bentuk video.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya