RESEP: Sarapan Praktis dengan Bagel ala New York

Roti bagel
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id -
RESEP: Nikmatnya Muffin Pisang Ala Sisca Soewitomo
Bagel telah menjadi produk roti yang populer di Amerika Serikat, Kanada, Australia dan Inggris. Namun, Bagel lebih identik dengan kota New York, karena di kota super sibuk itu cukup banyak varian Bagel.

Cicipi Lezatnya Kuliner Amerika di Utara Jakarta

Bagel sendiri merupakan roti berbentuk cincin yan padat dan bertekstur kenyal. Produk roti tradisional ini, terbuat dari adonan gandum dan jadi camilan favorit para pekerja New York atau sering disebut New Yorker, karena nikmat serta mengenyangkan.
RESEP: Membuat Selai Stroberi Sendiri di Rumah


Ukurannya pun cukup besar yakni selebar tangan.

Roti ini sebelumnya direbus lebih dahulu dalam waktu singkat, kemudian dipanggang. Hasilnya, roti yang hampir serupa dengan donat. Bagel sering dibubuhi
poppy-seed
atau biji wijen diatasnya sebelum dipanggang. Ada pula yang hanya ditaburi sedikit garam.


Penasaran akan rasanya? Tak perlu jauh-jauh pergi ke kota Big Apple, Anda pun bisa membuat bagel sendiri di rumah. Berikut ini adalah resep lengkapnya seperti yang dilansir dari
BBC Good Food.


Bagel

Bahan-bahan

-7 gram ragi instan

-4 sdm gula pasir

-2 sdt garam

-450 gram tepung terigu

-300 mililiter air hangat

-biji wijen secukupnya untuk taburan


Cara membuat


1. Di dalam mangkuk berukuran besar, masukkan ragi dan 1 sdm gula. Aduk rata lalu tuangkan 100 mililiter air hangat. Diamkan selama kurang lebih 10 menit hingga berbuih.


2. Tuangkan 200 mililiter air hangat ke dalam mangkuk tadi. Sambil diaduk perlahan, masukkan garam dan tepung terigu sedikit demi sedikit.


3. Dengan menggunakan tangan, uleni adonan hingga tidak lengket. Terus uleni adonan hingga benar-benar kalis.


4. Bentuk seluruh adonan menjadi berbentuk bulat dan letakkan di wadah yang telah diolesi dengan minyak. Tutup rapat wadah dan diamkan di tempat hangat selama 1 jam atau hingga adonan mengembang.


5. Panaskan minyak hingga 220 derajat celsius. Bagi adonan yang telah mengembang menjadi 10 bagian sama rata. Bentuk seluruh bagian menjadi buundar dengan permukaan yang flat. Dengan menggunakan ujung atas spatula kayu, lubangi adonan. Pastikan ukuran lubang bagel seiktar 3 sentimeter.


6. Rebus air di dalam panci hingga mendidih. Tambahkan gula yang tersisa. rebus bagel secara bergantian selama 1-2 menit. Jangan merebus lebih dari 4 bagel bersamaan. Tiriskan.


5. Taburkan biji wijen atau
topping
lain di bagian atas bagel sesuai selera. Letakkan bagel di pinggan anti panas dan panggang di dalam oven selama kurang lebih 25 menit atau hingga berubah warna menjadi cokelat keemasan dan tekstur luar yang renyah.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya