RESEP: Membuat Selai Stroberi Sendiri di Rumah

Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id - Selai dapat digunakan sebagai hidangan pendamping begitu banyak makanan. Tak hanya dioleskan pada roti panggang, selai juga bisa dinikmati bersama kue-kue atau es krim. 

RESEP: Rahasia Kentang Goreng Super Renyah
 
Tak hanya selai kacang dan cokelat, selai dari buah-buahannya juga begitu digemari. Meski deretan selai buah bisa Anda dapatkan dengan mudah, bukan berarti Anda tak bisa memilih membuatnya sendiri di rumah.
RESEP: Rasakan Kelembutan Kue Chiffon Green Tea
 
Selain bebas zat pengawet, Anda juga bisa menyesuaikan kadar gula yang digunakan untuk membuat selai. Begitu pula dengan kualitas buah-buahan yang akan diolah.
RESEP: Gurihnya Chicken Katsu Jepang
 
Tentu, ini akan menghasilkan selai yang jauh lebih sehat.
 
Untuk mengetahui cara membuat selai buah, simak salah satu resep selai stroberi, seperti dilansir dari All Recipes berikut ini.
 
Bahan-bahan
 
-1 kilogram buah stroberi segar
-4 cangkir gula pasir
-1/4 cangkir air perasan jeruk lemon
 
Cara membuat
 
1. Dalam mangkuk berukuran besar, hancurkan stroberi. Jangan sampai stroberi menjadi terlalu halus. Cukup hancurkan dengan kasar.
 
2. Di dalam panci berukuran besar, masukkan stroberi yang telah dihancurjan, gula dan air perasan jeruk lemon. Masak dengan api kecil sambil terus diaduk.
 
3. Besarkan api dan masak hingga selai mendidih. Aduk sampai selai mencapai suhu 105 derajat Celsius. 
 
4. Setelah matang, masukkan ke dalam stoples atau wadah tertutup. 
 
5. Jika ingin disimpan, rendam selai bersama wadah yang telah ditutup rapat ke dalam air selama beberapa menit. Jika selai akan langsung dikonsumsi, cukup simpan di dalam lemari es.
 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya