Kunjungan ke Arab, Jokowi Ajak Investor Bangun Kilang di RI

Presiden Jokowi terima medali
Presiden Jokowi terima medali
Sumber :
  • Seskab

VIVA.co.id - Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kenegaraan ke Arab Saudi Akhir pekan ini. Dalam kesempatan tersebut, Jokowi menyempatkan diri untuk berkumpul dengan para investor di negara minyak tersebut untuk mempromosikan investasi di Indonesia. 


Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung melalui keterangan pers yang diterima VIVA.co.id, menjelaskan kepada pers di Istana Raja Faisal Jeddah, bahwa salah satu investasi yang ditawarkan adalah pembangunan kilang di Indonesia. 

"Investor Arab Saudi diundang untuk membangun kilang minyak," ujar Pramono, Minggu 13 September 2015. 

Selain kilang minyak, dia mengatakan, Jokowi juga menjabarkan rencana pemerintah membangun infrastruktur secara masif. Kesempatan itu disampaikan pemerintah Indonesia agar tidak disia-siakan. 

Apalagi menurutnya, berbagai insentif investasi ditawarkan dengan menggiurkan. 

"Kami juga tawarkan investasi jalan, pelabuhan, dan berbagai objek bisnis lainnya. Selain itu juga diundang untuk masuk di bidang investsi keuangan," kata Seskab.

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga menyampaikan apresiasinya kepada Pemerintah Kerajaan Arab Saudi dalam mengelola ibadah haji selama ini, meski masih diperlukan langkah perbaikan atas berbagai kekurangan yang ada.

Jokowi juga menerima pernghargaan tertinggi dari Raja Arab Saudi, Salam Bin Abdul Aziz Al Saud yaitu Medali Star of the Order. Penghargaan itu pernah diberikan juga kepada Presiden Barack Obama, Perdana Menteri Cameron dan Shinzo Abe. (ase)