Rizal Ramli Kembangkan 10 Tujuan Wisata

Pulau Seribu
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Yulianisa Sulistyoningrum
VIVA.co.id
Sebagian Pelabuhan di Indonesia Akan Diswastanisasi
- Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Rizal Ramli, akan mendorong pengembangan sektor pariwisata di Indonesia. Alasannya, sektor itu adalah yang paling mudah untuk menciptakan lapangan kerja.

Maumere Siap Jadi Panggung Wisata Nasional dan Dunia
"Kita mau mendorong supaya sekarang yang bekerja di sektor pariwisata meningkat dari 3 juta ke 7 juta orang dalam lima tahun," kata Rizal usai rapat tertutup dengan menteri perhubungan dan menteri pekerjaan umum di lantai 3 Gedung BPPT, Jakarta, Senin 14 September 2015.

Terminal 3 Beres, Terminal 1 dan 2 Soeta Segera Direnovasi
Ia menambahkan, berdasarkan hasil rapat dengan sejumlah menteri, Rizal akan memfokuskan pengembangan di 10 wilayah pariwisata yang dianggap berpotensi meningkatkan jumlah turis. Daerah tersebut di antaranya Danau Toba, Pulau Seribu, Bromo, Pelabuhan Bajo Flores, dan beberapa daerah lainnya.

Rizal memilih untuk mengembangkan Pulau Seribu, karena Jakarta menjadi destinasi kedua untuk daerah pariwisata. Begitu pun dengan Bromo yang dianggapnya memiliki potensi pariwisata berupa keindahan alam.

Potensi-potensi wisata tersebut sayangnya tidak didukung dengan infrastruktur seperti akses jalan yang bagus.

Rizal mencontohkan akses jalan di Bromo yang dinilainya sangat "payah". Atas dasar itu, ia akan bekerja sama dengan menteri pekerjaan umum untuk memperbaiki akses jalan. Nantinya, mobil countryroad bisa memasuki akses ke sabana dan gurun pasir Bromo tersebut.

Tidak hanya infrastruktur, Rizal mengatakan akan memperbaiki sektor pariwisata dengan berkoordinasi dengan menteri perhubungan. Sebab, anggaran untuk membangun airport dan pelabuhan berada di bawah Kementerian Perhubungan.

Dari sisi anggaran Kementerian Pariwisata, menko maritim mengatakan akan membahas soal perubahan anggaran pengembangan 10 daerah wisata ini dengan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) pada pekan kedua Oktober. Ia meyakini tim lintas kementerian ini akan mampu melakukan pengembangan pariwisata sesuai target 10 daerah pariwisata.

Laporan: Khalisotussurur
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya