Lima Perawatan Alami Atasi Kulit Kering

Ilustrasi kulit wajah
Ilustrasi kulit wajah
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Kulit mencerminkan kesehatan dan kecantikan diri Anda yang patut dirawat. Kulit kering merupakan salah satu masalah yang paling umum dihadapi sebagian orang.

Banyak faktor penyebab kulit kering, seperti paparan sinar matahari, penggunaan bahan kimia, dehidrasi, alergi atau yang lainnya.

Banyak cara untuk mengatasi kulit kering, seperti menggunakan bahan alami yang mudah diterapkan dan aman. Berikut ini beberapa bahan alami untuk mengatasi kulit kering dilansir Boldsky.

Pepaya dan madu

Pepaya adalah salah satu buah yang dapat memelihara kulit kering. Campuran pepaya denngan madu memiliki banyak manfaat untuk mengatasi masalah kulit. Sebab pepaya memiliki banyak kandungan vitamin A untuk meremajakan kulit. Sedangkan madu sendiri berfungsi untuk menghidrasi kulit dan mempertahankan kelembaban. Setelah mengaplikasikannya biarkan selama 15 menit dan bilas dengan air biasa.

Pisang dan minyak zaitun

Pisang sangatlah efektif untuk mengatasi kulit kusam dan kering. Sebab pisang memiliki sifat meremajakan sel-sel kulit yang rusak. Minyak zaitun bertindak sebagai pelembab yang efektif. Campuran ini meningkatkan tekstur kulit dan menambahkan cahaya alami pada kulit.

Alpukat dan madu

Alpukat memiliki banyak vitamin untuk memelihara kulit. Campuran madu dan alpukat dapat melembabkan dan mencegah kulit kering. Buatlah pasta dari alpukat dan tambahkan beberapa tetes madu. Oleskan campuran ini pada wajah selama 20 menit dan bilas.

Susu dan almond

Almond dan susu saat ini sangat populer untuk membuat kulit kering menjadi lembut dan bercahaya. Rendam 4-5 almond dalam susu selama satu malam. Kemudian haluskan keesokan harinya serta tambahkan susu dan terapkan pada wajah yang bersih. Bilas setelah 20 menit. Gunakan masker wajah ini sekali dalam seminggu untuk hasil yang baik.

Kunyit dan krim susu

Campuran kunyit dan susu ternyata dapat memelihara dan menghidrasi kulit. Buatlah campuran dariĀ  2 sendok makan susu krim dan 4-5 helai kunyit. Oleskan campuran ini pada kulit dan bilas dengan air biasa. Masker ini tidak hanya mempertahankan kelembaban tetapi juga mencerahkan warna kulit.