Kiat Sukses Jalani Bisnis Fesyen Ala Musa Widyatmodjo

Musa Widyatmodjo
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Linda Hasibuan
VIVA.co.id
Gaya Busana Alyssa Soebandono ala Hollywood Era 50-an
- Menjadi desainer yang sukses, mungkin jadi impian banyak orang. Apalagi saat ini, dunia di Indonesia mulai dilirik dunia internasional. Anak muda di Indonesia pun mulai banyak tertarik menuntut ilmu hingga ke luar negeri, hanya untuk belajar tentang fashion design.

Rihanna Luncurkan Alas Kaki Faux Fur untuk Puma

Tak hanya itu, saat pulang kembali ke Tanah Air, mereka pun mulai meniti karier menciptakan bisnis fesyen. Bahkan, ada juga yang memilih untuk menjadi jurnalis fesyen, fesyen stylist, dan lain sebagainya.
Yuk, Berburu Fesyen Muslimah di Hijab Day


Tapi, adakah kiat sukses agar bisa menjalani bisnis fesyen agar bisa menjadi ladang bisnis yang menguntungkan? Perancang mode senior, Musa Widyatmodjo memberikan tipsnya untuk Anda.


"Jadi seorang desainer itu tidak mudah apalagi menjadi pebisnis fesyen. Hal itu layaknya membangun istana pasir yang bisa runtuh kapan saja. Saya tidak keberatan jika ada orang meramaikan industri fesyen yang penting mempunyai ikatan yang dalam dengan fesyen dan harus serius," ujar Musa Widyatmodjo saat ditemui di kawasan Jakarta Selatan, belum lama ini.


Musa yang merupakan lulusan fesyen di Drexel University, Philadelphia, AS kini telah berkiprah di bidang mode fesyen selama 23 tahun. Hal ini tentunya telah memberikan banyak pengalaman dalam menjalankan berbagai bisnis fesyen.


Menurutnya, banyak yang harus diperhatikan bagi seorang desainer pemula. Salah satunya, seperti harus fokus dalam menjalankan usaha dan menentukan jenis usaha yang ingin dijalankan. Setelah itu, pilihan karakter juga berpengaruh, seperti misalnya, busana muslimah, kebaya dan busana dengan aksen detail.


"Satu lagi yang perlu digarisbawahi, sebelum terjun ke dunia fesyen, lakukan penilaian terhadap kemampuan Anda. Lakukan penilaian secara jujur, jangan memaksakan diri agar dapat diterima di industri fesyen," ujar Musa.


Lebih lanjut, setiap pebisnis muda haruslah mempelajari bagian yang belum dimengerti. Mengingat bahwa persaingan di bidang fesyen cukup ketat. Anda bisa saja mencintai busana namun busana hanya merupakan satu bagian kecil dalam dunia fesyen. Sebab banyak hal terjadi di industri fesyen yang tidak terlihat."


Kemampuan tidak terlihat itu seperti komunikasi yang baik, siap bekerja sangat keras, mampu menerima kritikan, mampu beradaptasi dengan berbagai macam klien dan bos, dan menuntut kedisiplinan yang tinggi.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya