Ikuti Jejak Wall Street, Bursa Asia Pasifik Bergerak Positif

Bursa Saham Tokyo
Sumber :
  • REUTERS/Thomas Peter
VIVA.co.id
Bursa Asia Pasifik Tertekan Dinamika Pilpres AS
- Perdagangan saham bursa kawasan Asia Pasifik bergerak positif pada pembukaan hari ini. Kondisi tersebut merespons baiknya kinerja bursa Wall Street pada perdagangan Selasa (waktu setempat).

Wall Street Catat Rekor Anjlok Terlama Sejak Krisis 2008
Dilansir dari CNBC, Rabu 16 September 2015, rata-rata kinerja bursa utama di AS naik lebih dari satu persen pada penutupan perdagangan saham semalam. Investor merespons positif data membaiknya ekonomi Amerika Serikat (AS) yang akan dijadikan patokan bank sentral AS (The Fed) untuk menentukan kebijakan suku bunga acuan di negara tersebut.     

Mengekor Wallstreet, Bursa Asia Dibuka Melemah
Indeks Nikkei 255 Jepang dibuka menguat 0,9 persen, didukung oleh kinerja positif saham-saham blue chips di bursa tersebut. Saham Toyota Motor, Sony dan Toshiba naik antara 0,8-1,2 persen.

Sementara itu, saham Mitsubishi UFJ Finance Group dan Sumitomo Mitsui Finance Group masing-masing melonjak hampir dua persen. Selanjutnya, saham SoftBank dan NTT naik masing-masing dua persen dan 0,2 persen. 

Indeks ASX Australia Standar & Poor's (S&P) 200 naik satu persen. Didorong kenaikan saham sektor energi antara lain BHP Billiton yang dibuka naik 1,7 persen, dan saham perusahaan saingannya Rio Tinto serta Fortescue Metals yang naik masing-masing hampir dua persen. 

Di Korea Selatan, indeks Kospi juga menunjukkan kinerja positif, dengan kenaikan 0,8 persen pada pembukaan hari ini. Saham perusahaan pembuat chips SK Hynix memimpin kenaikan di sektor teknologi dengan penguatan 1,2 persen, sedangkan saham Samsung Electronics naik 0,2 persen. 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya