Biasakan Menabung, Ini Dia Cara yang Efektif

Menabung
Sumber :
  • http://www.christiancreditcounselors.org

VIVA.co.id - Menabung menjadi cara yang paling mudah dan sederhana untuk berjaga-jaga atas kejadian tak terduga di masa depan, sama halnya dengan investasi dan asuransi.

Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik

Lantas, bagaimana Anda bisa mengumpulkan dana tersebut dengan efektif?

Berikut ini, kami hadirkan beberapa cara yang cukup efektif untuk membantu Anda memiliki kebiasaan menabung dan mempertahankannya, tanpa merasa terbebani, atau tergoda menggunakan uang yang disimpan.

1. Mencatat kebutuhan dalam sebulan

Selalu ingat dengan prinsip bahwa pengeluaran harus lebih kecil daripada pendapatan. Jangan menjadi pribadi yang gampang tergoda, atau mudah lapar mata. Jangan membeli barang tanpa menilai fungsinya.

Catat kebutuhan Anda selama periode waktu tertentu, seperti per minggu, atau per bulan, dan belanjakan secara disiplin. Hindari membeli barang di luar daftar kebutuhan yang sudah dirancang.

2. Menganggarkan dana

Meski Anda sudah berbelanja sehemat mungkin, dengan disiplin tinggi dalam menggunakan catatan belanja dan tidak pernah membeli barang di luar daftar kebutuhan yang telah dirancang, tetaplah beri alokasi dana untuk kepentingan lain.

Kepentingan ini bisa saja seperti tagihan listrik, air, cicilan kendaraan bermotor, atau pajak bumi dan bangunan. Selalu sisihkan uang di awal periode dan bagi menurut kebutuhan. Seperti kebutuhan belanja bulanan, kebutuhan tabungan, kebutuhan dana pribadi, dan kebutuhan pembayaran tagihan

Baca Juga: Tabungan Rencana : Apa Dan Bagaimana Mengenal Jenisnya?

3. Menentukan tanggal


Tentukan tanggal untuk Anda membagi pendapatan ke dalam kelompok kebutuhan yang berbeda. Bagi Anda yang memperoleh gaji bulanan, atau mingguan, atau periode tertentu secara pasti, akan lebih mudah menentukan tanggal-tanggal penting ini.

Tetapi, bila Anda seorang wirausaha yang tidak bisa menjamin kapan akan mendapat keuntungan dari usaha, Anda bisa menentukan tanggal di tengah bulan saat Anda tidak sedang dalam masa kewajiban membayar berbagai tagihan.

4. Membayar utang

Sebisa mungkin, jika Anda ingin merasa aman dalam jangka waktu yang panjang, usahakan untuk menghindari kebiasaan satu ini. Hindari kebiasaan berutang untuk memenuhi kebutuhan, apalagi sekedar membeli barang keinginan.

Kebiasaan berutang tidak akan pernah membawa pada kemajuan dan jaminan finansial hari tua, karena berutang hanya akan membuat Anda terjebak pada tabungan yang harus dikurangi untuk membayar utang.

5. Menerapkan pola hidup disiplin


Selain mengusahakan diri untuk tidak berutang, usahakan juga menjadi pribadi yang disiplin. Pribadi yang disiplin, jelas akan membuat Anda hidup ‘ala kadarnya’ atau sederhana, karena dana yang Anda miliki memang terbatas.

Usahakan diri untuk selalu menabung sesuai tanggal, terutama bagi Anda yang secara rutin mendapat gaji bulanan. Jangan pernah memberikan alasan bahwa Anda bisa menunda memasukkan sebagian gaji ke dalam tabungan, atau rekening bank.



6. Motivasi diri

Langkah selanjutnya adalah meyakinkan diri bahwa Anda sangat mampu untuk mengendalikan dan memotivasi diri, bahwa menabung merupakan bagian penting dalam mempersiapkan hari tua yang mapan.

Tidak perlu iri dengan apa yang dilakukan rekan, setelah mereka memperoleh gaji bulanan. Mungkin sebagian dari mereka akan menghabiskan beberapa persen gaji untuk bersenang-senang.

Jangan biarkan alasan dangkal ini memengaruhi pikiran Anda untuk memecah tabungan.

7. Membuat rekening yang tak tersentuh

Merasa sulit untuk mengelola tabungan yang Anda tempatkan pada tabungan biasa, atau rekening bank dengan fasilitas Anjungan Tunai Mandiri (ATM)? Kalau begitu, pilih rekening yang tidak bisa disentuh, atau minimal akan membutuhkan pengorbanan yang cukup besar ketika ingin mengambil sebagian dana tabungan Anda.

Tips Sukses Bisnis Pencucian Mobil dan Motor

Semua bank memiliki jenis tabungan yang khusus diperuntukkan bagi masyarakat, dengan tujuan menumbuhkan kebiasaan menabung. Gunakan rekening ini untuk menghindar dari keinginan menggunakan uang tabungan Anda.

Baca Juga: Lima Alasan Mengapa Kamu Harus Banget Menabung

8. Memanfaatkan celengan

Membuat dan memiliki rekening bank terlalu rumit bagi Anda? Kalau begitu Anda bisa mencoba menggunakan tabungan konvensional berbahan dasar tanah liat yang mengharuskan Anda untuk memecahnya ketika ingin mengambil sebagian dana tabungan Anda.

Selain murah dibeli, Anda tidak perlu jauh-jauh pergi ke bank hanya untuk menabungkan pundi-pundi rupiah yang Anda kumpulkan.

9. Menerapkan kebiasaan berhemat


Inilah gong keberhasilan dari seseorang yang ingin memiliki kebiasaan menabung. Pola hidup hemat merupakan salah satu cara, sekaligus faktor pendukung yang akan menjaga Anda dari keinginan untuk mengambil dana tabungan.

Hidup hemat merupakan alternatif yang bisa Anda gunakan dalam rangka memiliki kebiasaan menabung untuk jaminan hari tua nantinya.

Baca Juga: Perbedaan Kelas Menengah Saat Ini dan Sepuluh Tahun Lalu

Bulatkan tekad

Pada akhirnya, kebiasaan ini menjadikan orang memiliki pribadi dengan kebiasaan menabung yang baik dan efektif. Dalam tujuannya mempersiapkan hari tua supaya terjamin dan mapan bergantung pada niat dan usaha yang dikeluarkan oleh setiap pribadi yang akan menjalani hal tersebut.

Beberapa cara yang dijabarkan di atas merupakan cara-cara pendukung, atau tips yang bisa diikuti untuk lebih menyempurnakan kebiasaan menabung. Tinggal bagaimana Anda akan memutuskan, menyikapi, dan menjalani kebiasaan menabung ini.

Baca Juga: Enam Cara Menghemat Pengeluaran Untuk Keperluan Bayi

(asp)

Cara Hemat Atur Keuangan untuk Anak Kos
Ilustrasi boros belanja.

Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros

Siapa sih yang pengen hidup boros?

img_title
VIVA.co.id
27 September 2016