Gaya Ahmed Mohamed Jadi Tamu VIP Google

Ahmed Mohamed di antara 20 finalis Google Science Fair
Sumber :
  • www.usatoday.com/Andrew Federman

VIVA.co.id - Ada yang cukup berbeda dengan gelaran Google Science Fair tahun ini. Sebab, acara itu menghadirkan bocah muslim Texas, Amerika Serikat yang menyita perhatian dunia, Bocah asal Irving, Texas tersebut menjadi dalam acara Google tersebut.

Ahmed 'Si Perakit Jam Digital' Pindah ke Qatar

Bocah usia 14 tahun tersebut datang di acara Google Science Fair dan mengunjungi booth finalis yang dilaporkan gembira dengan kedatangan Ahmed.

Dikutip dari USA Today, Selasa 22 September 2015, Ahmed tampak berbaur dengan para siswa peserta Google Science Fair yang diselenggarakan di markas Google di Mountain View, California.

"Kami belajar darimu di sekolah," ujar salah satu siswa peserta dari Oakland, California.

Salah satu juri Google Science Fair, Mariette DiChristina mengatakan, penyelenggaraan Google Science Fair merupakan bentuk dukungan nyata Google bagi anak muda dalam mengeksplorasi dan menghadapi tantangan seputar problem dunia.

"Untuk itu, kenapa kami sangat senang Ahmed Mohamed memenuhi undangan kami untuk menghadiri event tahunan ini," ujar DiChristina yang juga kepala editor Scientific American dalan postingan di blog.

DiChristina memuji keberanian Ahmed dalam memperjuangkan cita-citanya.

"(Rasa) penasaran ilmuwan muda, penemu, dan pembangun seperti Ahmed harus dirorong serta diberdayakan," ujar DiChristina.

Dalam acara Google Science Fair, Ahmed juga bertemu langsung dan berswafoto dengan salah satu pendiri Google, Sergey Brin. Ahmed datang ke acara tersebut setelah diundang langsung oleh Google pada 17 September, usai dia lepas dari polisi.

Nama Ahmed Mohamed memang meroket mulai pekan lalu, menyusul penangkapan dia, karena membawa jam rakitan ke sekolah. Jam tersebut dianggap sebagai bom dan Ahmed sempat diborgol serta dibawa ke kantor polisi.

Menyusul tindakan diskriminatif penegak hukum tersebut, banyak simpati mengalir ke Ahmed. Tercatat, Presiden AS, Barack Obama, mengundang Ahmed untuk datang dan membawa jam rakitannya ke Gedung Putih.

Undangan juga disampaikan perusahaan teknologi di AS, Facebook dan Microsoft yang sudah membuka pintu kapan pun Ahmed mau berkunjung ke kantor mereka.




Ahmed, Perakit Jam Digital Itu Datang ke Gedung Putih
Ahmed Mohamed

Bocah Pembuat Jam yang Ditangkap di AS, Tuntut Ganti Rugi

Insiden itu mengakibatkan trauma mendalam bagi Ahmed.

img_title
VIVA.co.id
24 November 2015