Unik, Pantai Ini Bisa ‘Menggigit’

Pantai bergigi di Dorset, Inggris
Sumber :
  • Ist/Landscape
VIVA.co.id -
Birunya Pantai Wini, Bikin Betah Berlama-Lama
Biasanya, bibir pantai tidak memiliki bentuk yang konsisten, pasti berubah-ubah mengikuti jalur ombak. Namun, berbeda dengan pantai yang berada di beberapa negara ini.

Piknik Asyik di Pantai Mangsit, Lombok

Pantai-pantai ini punya formasi unik yang berbentuk seperti gigi jika dilihat dari atas. Uniknya lagi, formasi tersebut terbentuk amat rapi dan berulang di sepanjang garis pantai.
Pemalang Siap Tawarkan Desa Wisata Cikendung


Salah satunya di Dorset, Inggris selatan. Di bibir pantai, pengunjung bisa menemukan keanehan itu dengan segera. Sebab, pasir yang bertemu dengan air punya pola unik, menyerupai gerigi nan runcing.


Dilansir dari
Amusing Planet
, aksi gelombang menyebabkan pembentukan pantai bergerigi atau yang juga disebut sebagai pantai katup tersebut, meskipun hingga ini proses ini tidak sepenuhnya dipahami. Disinyalir, saat gelompang menerjang ke pesisir, kecepatannya melambat akibat sedimen di pantai, sehingga membentuk gerigi


Tidak hanya itu, saat ombak menerjang, bentukan sedimen sebelumnya, yakni meruncing di ujung, akan membelah ombak menjadi dua alih-alih memecahnya, sehingga ombak secara otomatis membentuk formasi gerigi.


Uniknya lagi, bentukan ombak tidak biasa tersebut juga sekaligus menjadi "saringan" bagi sedimen pantai. Dalam artian, sedimen kasar akan membentuk gundukan pasir berujung runcing yang berfungsi membelah ombak. Sementara itu, sedimen halus akan membentuk cerukan yang akan terisi oleh air laut.


Pantai katup telah menjadi subyek perdebatan dan penelitian selama 50 tahun terakhir. Banyak yang berpendapat, pantai ini terbentuk akibat anomali ombak yang terjadi di bawah permukaan laut.


Namun, bagi pengunjung, fenomena alam ini menjadi hal yang menarik. Tak heran bila pantai bergigi seperti Pantai Dorset, Inggris; Pantai Shumagin, Alaska dan Pantai Palomarin di California, Amerika Serikat, disebut sebagai pantai unik yang bisa "menggigit".

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya