Seksinya Pantai Janda di Aceh

Sumber :
  • VIVA.co.id/disbudpar.acehprov.go.id

VIVA.co.id - Nama janda selalu diidentikkan dengan wanita lajang yang ditinggal mati atau pun cerai oleh suaminya. Namun, ini berbeda di Aceh. Sebutan janda juga disematkan untuk sebuah lokasi wisata pantai eksotis nan cantik.

Ya, inilah pantai Janda atau Inong Balee dalam dialek lokal. Gugusan pantainya nan cantik menghampar asri di Kecamatan Mesjid Raya, Kabupaten Aceh Besar.

Penamaan janda pada pantai ini tak terlepas dari keberadaan benteng Inong Balee di perbukitan sekitar pantai atau sekitar 30 kilometer ke pesisir timur kota Banda Aceh.

Sesuai namanya, benteng ini merupakan sisa peninggalan para wanita Aceh yang kala itu berjuang melawan penjajah Belanda. Seluruh pejuang itu, adalah para janda yang telah ditinggal mati oleh suaminya saat berperang.

Pantai janda di Aceh besar, terkenal dengan kawasannya yang cantik. Deburan ombak dan banyaknya batu karang, menyajikan panorama tersendiri bagi yang berkunjung ke pantai ini.

"Ini pantai cantik dan layak dikunjungi," kata salah seorang pengunjung, Rabu 3 Februari 2016.

Namun, sayangnya, lokasi ini belum dikelola maksimal oleh pemerintah setempat. Akses menuju lokasi masih tak terawat dan tak tersentuh, sehingga belum bisa menjual bagi para pelancong dari luar Aceh.

Meski begitu, karena panorama alaminya, pantai Janda tetap menjadi lokasi favorit warga di Aceh untuk berkunjung dan menikmati deburan ombaknya.

Dan tentu saja, bagi Anda yang dari luar daerah, pantai Janda tetap bisa menjadi pilihan mengasyikkan. Sebab tentu saja, meski dinamai pantai Janda, bukan berarti pantai ini hanya bisa didatangi oleh para janda.

Arman Konadi/Aceh

Birunya Pantai Wini, Bikin Betah Berlama-Lama
Pintu Masuk Pantai Balongan Indah

Balongan, Destinasi Wisata Pantai Eksotis di Indramayu

Salah satu pantai yang lingkungannya masih asri.

img_title
VIVA.co.id
7 Agustus 2016