Dorce Gamalama: Jangan Cari Kambing Hitam Tragedi Mina

Peta Lokasi Tragedi Mina
Sumber :
  • VIVA.co.id
VIVA.co.id
Jumlah Korban Tragedi Mina 2.070 Jiwa
- Peristiwa memilukan yang terjadi pada ratusan jemaah haji di Mina, Arab Saudi, menyita banyak perhatian orang dari berbagai belahan dunia. Rasa bela sungkawa juga tertuju pada anggota keluarga yang ditinggalkan. 

Arab Saudi: Investigasi Tragedi Mina Masih Butuh Waktu
Salah satu yang juga menyayangkan insiden ini adalah Dorce Gamalama, atau yang biasa disapa Bunda Dorce.  Rasakan kepiluan hati para anggota keluarga yang harus rela mengikhlaskan kepergian orang tercintanya bisa dirasakan secara mendalam olehnya. 

Putra Mahkota Saudi Gelar Pertemuan Soal Tragedi Mina
"Mereka meninggal dalam keadaan menggunakan pakaian ihram, dan saat beribadah, insya Allah mereka meninggal khusnul khatimah," ujarnya, dalam acara Kabar Pagi Indonesia di tvOne, Sabtu, 26 September 2015. 

Sebelumnya, pada musibah haji tahun 1990, Dorce, adalah salah satu jemaah rombongan asal Indonesia yang beruntungnya tidak ikut menjadi korban. Rasa bela sungkawa tak henti ditujukan Dorce pada seluruh korban maupun keluarga, dengan harapan sang korban diterima di sisi terbaik miliknya. 

Jangan cari kambing hitam

Dorce berpendapat, meskipun pemerintah Arab Saudi sebagai penyelenggara haji bertanggung jawab atas kejadian ini. Namun, tidak sepenuhnya patut untuk disalahkan. 

Karena menurut dia, sebagai Arab Saudi pasti telah memberikan pelayanan yang terbaik untuk para tamu Allah yang setiap tahun datang beribadah.  

"Kita tidak usah cari kambing hitam. Mereka (Arab Saudi) sudah melakukan yang terbaik," tambahnya.  

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya