Setelah A2, Lapan Bersiap dengan Satelit Pertanian A3

Desain satelit LAPAN A2
Sumber :
  • www.pusteksat.lapan.go.id

VIVA.co.id - Setelah sukses meluncurkan satelit LAPAN-A2, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) sedang menggarap satelit LAPAN-A3. Rencananya, satelit ini akan rampung dirakit pada 2018 mendatang dan siap diluncurkan.

Menurut Kepala Pusat LAPAN Bandung, Halimurrahman, satelit LAPAN-A3 ini berfungsi untuk ketahanan pangan. Artinya, 'adik' dari LAPAN-A2 ini bisa memantau kondisi pertanian yang ada di Indonesia.

“Dengan satelit A3 ini kami bisa memantau dan mengetahui pertumbuhan pertanian di Indonesia,” katanya saat ditemui di kantornya, Senin (28/09/2015).

Halim menambahkan, untuk membuat 'keluarga' satelit LAPAN ini pihaknya bekerjasama dengan Intitut Pertanian Bogor (IPB). Menurutnya, sensor kamera dari satelit ini akan lebih baik ketimbang LAPAN-A1 dan LAPAN-A2.

Lebih lanjut, Halim mengatakan, pembuatan satelit LAPAN-A3 juga masih melibatkan Jerman. Hanya saja komposisinya lebih sedikit. Jika LAPAN-A1 dirakit di Jerman dan LAPAN-A2 melibatkan disain Jerman, satelit ke-3 ini hanya menggunakan teknisi Jerman untuk melakukan tes material.

“Kami semakin mengurangi keterlibatan Jerman untuk perakitan satelit ini,” tuturnya.

Halim berpendapat, perakitan dan peluncuran satelit-satelit LAPAN ini menjadi tahapan penting karena mengarah pada satelit operasional dengan menggandeng Organisasi Radio Amatir Republik Indonesia (ORARI).

“Harapannya, ke depan bisa membangun kerjasama dengan pihak swasta sehingga bisa membangun satelit komunikasi,” ujar dia. (ren)

Lapan Beri Tips Lihat Fenomena Langka di Langit Besok

Laporan: Meega Dwi Anggraini/Bandung

Satelit Proba-V

Indonesia Berambisi Bangun Bandara Antariksa

Ada 3 lokasi terkait pembangunan bandar antariksa.

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016